Jadi Pesaing Baru, Xiaomi Mi Drone Tawarkan Fitur dan Harga Menarik (Really?)

Tentunya Anda mengetahui ‘kan bahwa Xiaomi merupakan salah satu brand sebuah telepon cerdas terbesar di dunia?

Brand ini begitu cepat memperoleh antusias dari pemintanya. Dikarenakan, dengan fitur dan kualitas kelas premium, Xiaomi berani menjual smartphonenya dengan harga sangat murah.

Xiaomi

Belum lagi produk Xiaomi Yi Cam-nya yang mampu bersaing keras dengan action cam yang jauh berbeda kelasnya.

Lagi dan lagi…

Kesuksesan ini mampu diraih karena Xiaomi berani bermain ekonomis tanpa mengabaikan kualitas produk. Sejak saat itulah, Xiaomi menjadi top of main brand untuk produk gadget canggih yang paling ditunggu hingga sekarang.

“Dan tahukah Anda, Xiaomi baru saja meluncurkan produk Xiaomi Mi Drone untuk pertama kalinya?”

Sama seperti saat pertama kali mendengarnya, saya pun juga kaget!

Sekejap kilat, pertanyaan yang muncul di benak Anda adalah “Berapa harga Drone Bentukkan Xiaomi ini dan bagaimana fiturnya?”

Tenang saja, bersama-sama kita akan mengulasnya! Oiya, ulasan review dan spesifikasi drone bentukkan Xiaomi ini dibuat berdasarkan bahasa promosi yang berasal dari banyak sumber. Jadi, murni hanya membicarakan keunggulan dan spesifikasinya saja ?

Perkenalkan, Mi Drone Bentukkan Xiaomi

Secara resmi, Xiaomi mengenalkan Mi Drone ke publik pada 25 Mei 2016 lalu. Dan inilah penampakan drone tersebut…

Xiaomi Mi Drone

Desain

Mi Drone termasuk ke dalam kategori quadcopter, yang artinya drone ini memiliki 4 motor dan 4 baling-baling.

Xiaomi Mi Drone ini juga menggunakan sistem modular. Artinya, pengguna dapat melepas satu persatu bagian drone seperti kamera, dinamo, mesin, baterai, dan bagian lainnya. Sehingga, apabila ada kerusakan akan lebih mudah untuk memperbaikinya.

Spesifikasi Xiaomi Mi Drone

Bicara soal bentuk fisiknya, drone ini jika diperhatikan lebih mirip dengan huruf H. Xiaomi pun mengklaim bahwa drone ini dibuat dengan bahan yang kuat dan ringan. Sehingga, mampu membuat Xiaomi Mi Drone terbang dengan mudahnya.

Layaknya drone buatan DJI, Xiaomi Mi Drone juga memiliki sepasang kaki permanen yang digunakan sebagai penyangga drone agar mampu berdiri di tanah. Kaki ini juga bertujuan untuk melindungi bagian kamera pada drone ini agar tidak berbenturan dengan tanah.

Drone
Sejauh pengamatan dari berbagai sumber, Xiaomi Mi Drone sepertinya sudah memiliki kualitas profesional layaknya drone ber-kamera modern. Pasalnya, Xiaomi Mi Drone telah dibekali dengan Gyro System yang bertujuan agar drone dapat terbang secara stabil.

Xiaomi Mi Drone juga telah dilengkapi pula dengan GPS System yang berguna untuk mengetahui posisi drone ketika dioperasikan di udara.

Spesifikasi Xiaomi Mi Drone 3

Oya, Xiaomi Mi Drone sepertinya sudah dilengkapi dengan aksesoris blade protector. Apa itu blade protector? Ini merupakan sebuah aksesoris opsional yang dipasang pada setiap sisi, tepat dibagian bawah propeller. Jadi ketika drone menabrak dinding, maka drone tidak akan langsung jatuh.

Sebab, yang pertama berbenturan adalah blade protector-nya. Sehingga, Anda dapat langsung melakukan gerakan menghindar dari objek benturan.

Baterai

Dibekali dengan baterai bertenaga 17.4 Volt yang mempunyai kapasitas cukup besar, yakni 5100mAh membuat Xiaomi Mi Drone mampu terbang selama 27 menit di udara.
Tenang saja, sama seperti drone lainnya, ketika menerbangkan drone ini terdapat pula indikator berupa alarm jika baterai dalam keadaan melemah.

Spesifikasi Xiaomi Mi Drone 4

Sehingga, pilot dapat mengantisipasi untuk segera menghentikan penerbangan drone.
Bahkan, dengan fungsi GPS-nya Anda dapat mengaktifkan fitur returns home apabila baterai sudah dalam keadaan kritis. Sehingga, drone akan secara otomatis kembali ke tempat pertama dimana ia diterbangkan.

Remote Control

Untuk remote controll Xiaomi Mi Drone ini, telah menggunakan frekuensi 2.4GHz dengan desainnya yang sangat minimalis. Lihat saja melalui gambarnya, sungguh tampilan remote Control Xiami Mi Drone ini sungguh sangat simpel. Dengan remote controll ini, pihak Xiaomi mengklaim bahwa Xiaomi Mi Drone dapat diterbangkan hingga radius 3 KM.

Spesifikasi Xiaomi Mi Drone 5

Menurut beberapa sumber, melalui remote controll ini Anda juga dapat mengaktifkan beberapa fitur bawaan dari Xiaomi Mi Drone.

Misalnya saja seperti Automatic Take Off/ Landing, Waypoint Flight Path Planning, Tap to Fly On Map, dan Circle an Object On The Ground. Terlepas dari berbagai fitur tersebut, pastinya Anda juga dapat menghubungkan perangkat smartphone Anda ke drone guna mengaktifkan fitur First Person View (FPV) untuk mengambil gambar atau video dari kamera yang telah terpasang pada Xiaomi Mi Drone.

Gimbal & Kamera

Lalu, bagaimana kualitas gambar dan video dari kamera bawaan Xiaomi Mi Drone?

Menariknya, pihak Xiaomi memberikan dua pilihan untuk kualitas kamera pada Xiaomi Mi Drone. Yakni, kamera kualitas 1080p dan kamera kualitas 4K. Tentu saja, secara kualitas dua kamera dari Xiaomi Mi Drone ini juga berbeda dari segi harga.

Spesifikasi Xiaomi Mi Drone 6

Menurut beberapa review yang saya baca, untuk gimbal pada Xiaomi Mi Drone ini juga memiliki 3 axis gimbal dengan kualitas cukup baik. Dikatakan, gimbal ini mampu meredam 2000 getaran per detiknya. Sehingga, hasil gambar atau video dari drone ini dinilai cukup memuaskan.

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi Drone

General Type: Quadcopter
Brand: XiaoMi
Features: WiFi FPV
Motor Type: Brushless Motor
Functions: Camera,Forward/backward,FPV,Hover,Low-voltage Protection,One Key Automatic Return,One Key Landing,One Key Taking Off,Tap to Fly,Turn left/right,Up/down,Waypoints
Built-in Gyro: 6 Axis Gyro
Material: Carbon Fiber,Electronic Components,PC
Kit Types: RTF
Level: Advanced Level
Connectivity Remote Control: 2.4GHz Wireless Remote Control
Channel: Unknown
Mode: Mode 2 (Left Hand Throttle)
Control Distance: Above 800m
Detailed Control Distance: About 3000m
Model Power: Built-in rechargeable battery
Battery Battery: 17.4V 5100mAh
Flying Time: About 27mins
Charging Time (h): About 3.5
Camera Video Resolution: 1080P
Dimension and Weight Package weight: 1.800 kg
Package size (L x W x H): 45.00 x 25.00 x 20.00 cm / 17.72 x 9.84 x 7.87 inches
Package Contents Package Contents: 1 x Quadcopter, 1 x Transmitter, 1 x Camera, 1 x Charger, 1 x English Manual

Introduction Video Xiaomi Mi Drone

Dibanderol dengan Harga Berapa?

Sekilas, tampilan Xiaomi Mi Drone memang mirip seperti drone bentukkan DJI. Hanya saja, bentukkan drone ini lebih mirip seperti bentuk huruf H. Sementara kamera dan gimbal pada Mi Drone ini lebih mirip bentukkan Yuneec.

Setelah sebelumnya masih dibungkus dengan dekapan Bahasa Mandarin, akhirnya harga Mi Drone ini diumumkan juga beberapa waktu lalu. Harga ada pada 2499 Yuan (atau sekitar 5 juta) untuk yang kamera 1080p, dan pada 2999 Yuan (atau sekitar 6 juta) untuk yang kamera 4K.

Terjangkau sekali :D ? Tapi harus diingat kalau Xiaomi tidak mengenal reseller, jadi harganya sudah harga retail (alias masuk Indonesia pasti lebih mahal).

Lalu, Bagaimana Pendapat Anda?

Melihat pricing yang dilakukan Xiaomi, Mi Drone ini memang layak diantisipasi. Namun secara fitur mungkin masih belum ada yang “sangat spesial” dibandingkan dengan DJI Phantom Standard yang harganya juga sudah cukup terjangkau (6.990.000 IDR).

Spesifikasi Xiaomi Mi Drone 7

Lalu, apakah nantinya Xiaomi Mi Drone akan tersedia di Plazakamera.com? Jawabannya akan dipertimbangkan!

Karena memang terdapat beberapa poin yang memang harus dipertimbangkan. Pertama, Xiaomi baru kali ini memproduksi drone, sehingga kualitasnya masih perlu dipertanyakan. Lihat saja DJI, brand yang telah bertahun-tahun concern di bidang drone saja hingga saat ini pun masih ada error. Apalagi Xiaomi yang baru pertama kali merilis drone?

Kedua, proses garansi dari Xiaomi Mi Drone ini masih dipertanyakan. Hingga saat ini, produk-produk Xiaomi (termasuk drone) di Indonesia masih belum memiliki service center resmi. Jadi, bagaimana jika seandainya ada kerusakan?

Ketiga, adanya beberapa media lokal China yang mengatakan bahwa Drone ini gagal saat dilakukan uji coba secara live. Jadi, banyak komentar miring terkait dengan produk drone dari Xiaomi ini.

Tapi itu semua kembali ke Anda bagaimana menilai Xiaomi Mi Drone ini. Sekali lagi, ini hanyalah soal pendapat. Jadi, Anda bebas menilainya. Toh ‘kan barangnya juga belum ada di Indonesia ☺

Lalu bagaimana pendapatmu mengenai Xiaomi Mi Drone Ini? Isi kolom komentar di bawah ya!

Pilihan Drone Terlengkap dengan Kualitas dan Harga Murah

Bingung cari drone apa yang cocok untuk Anda? Plazakamera.com menjual drone dan aksesorisnya dengan berbagai merek seperti DJI, Yuneec, dan Xiro dengan kualitas terbaik. Hanya kami yang menawarkan harga paling murah dengan garansi resmi, buktikan saja sendiri ?

Segera Dapatkan Penawaran Harga Drone TERMURAH di Plazakamera.com, KLIK DISINI!

One thought on “Jadi Pesaing Baru, Xiaomi Mi Drone Tawarkan Fitur dan Harga Menarik (Really?)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *