Inilah 14 Aksesoris Wajib untuk Maksimalkan Xiaomi Yi Cam Anda!

Jika Anda gemar berpetualang, maka mendengar kata ‘Action Cam’ bukanlah menjadi hal yang asing bagi Anda. Benar ‘kan? Memang, action Cam sekarang merupakan salah satu produk yang happening hingga saat ini.

Karena antusiasme pencinta action cam yang semakin besar tiap tahunnya, berbagai merek action cam pun hadir meramaikan pasar Indonesia. Misalnya saja seperti  GoPro, Sony, Panasonic, Garmin, SJCam, dan masih banyak lagi lainnya.

Namun jika bicara kepopuleran, GoPro memang menjadi salah satu action cam yang menempati peringkat teratas. Meskipun begitu, tampaknya persaingan industri action cam saat ini berkembang pesat. Banyak produsen menawarkan action cam yang jauh lebih murah dengan fitur cukup mengesankan.

Xiaomi Yi Cam 1

That’s true… yang saya maksudkan adalah Xiaomi Yi Cam. Pastinya, kita semua tahu bahwa Xiaomi Yi Cam begitu populer karena bisa kita dapatkan hanya dengan harga di bawah satu jutaan.

Untuk fitur, tak usah diragukan lagi! Meskipun menawarkan harga cukup murah, Xiomi Yi Cam mempunyai spesifikasi yang tak kalah saing. Diantaranya, Xiaomi Yi Cam telah mendukung rekaman video berkualitas HD, support konektivitas wifi, bisa terhubung dengan Smartphone, dan masih banyak lagi lainnya >> Lihat Daftar Spesifikasi Xiaomi Yi Cam Terlengkap << 

Sekadar informasi saja, sejak pertama kemunculannya di Plazakamera.com (berdasarkan laporan penjualan juga), Xiaomi Yi Cam meraih tingkat penjualan teratas bahkan setara dengan penjualan GoPro. Itulah mengapa banyak pula yang menanyakan beragam aksesori yang kompatibel dengan Xiaomi Yi Cam.

Tenang saja, untuk itulah artikel ini dibuat! Berikut adalah 14 aksesoris wajib yang harus Anda miliki untuk memaksimalkan Xiaomi Yi Cam Anda.

Xiaomi Yi Standard Housing Waterproof

Xiaomi Y Cam Waterproof Sayangnya ketika pertama diluncurkan, Xiaomi Yi Cam masih belum mendukung fitur waterproof. Ya, itu adalah kekurangan dari action cam ini. Tapi, itu tampaknya tak menjadi masalah yang cukup berarti. Anda masih bisa menggunakan Xiaomi Yi Standard Housing Waterproof yang dibuat dengan bahan material PC transparan yang berkualitas. Sehingga, mampu melindungi Xiaomi Yi Cam Anda dari debu, benturan, goresan, bahkan hingga mampu menyelam sampai kedalaman 40m. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir lagi ketika mengabadikan momen di kolam renang ataupun mengambil gambar keindahan alam bawah laut dengan menggunakan Xiaomi Yi Cam.

Monopod/ Selfie Stick (Tongsis)

Xiaomi Yi Cam mempunyai view angle yang lebar. Pastinya, kalian nggak mungkin ‘kan memegang langsung Xiaomi Yi di tangan ketika melakukan selfi atau wefie bersama teman-teman? Karena alasan itulah, makanya Anda membutuhkan monopod atau selfie stick. Kalau di Indonesia sih populer dengan sebutan tongsis alias tongkat narsis :D

Monopod Yi Cam

Sebenarnya, Xiaomi telah menyertakan tongsis resmi buatannya dalam paket pembelian. Tapi, ada juga yang dijual terpisah. Karena pabrikan resmi dari Xiaomi, makanya tongsis ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni sekitar 400 ribuan.

Satu lagi, Xiaomi juga mengeluarkan tongsis khusus untuk pengambilan gambar underwater yang juga disebut Yi Floating Grip dan dibanderol dengan harga 100 ribuan.Tapi tenang saja, bagi Anda yang ingin berhemat, maka Anda bisa memilih tongsis buatan pihak ketiga yang harganya jauh lebih murah.

Salah satu rekomendasinya adalah Hunter Selfie Stick Rubber. Merupakan tongsis cukup terjangkau, anti karat, tahan air laut (asin) dan dibanderol dengan harga 130 ribuan.

Bluetooth Remote Control Wireless Shutter

Rempote Bluetooth Xiaomi Yi Cam

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, Xiaomi Yi Cam mempunyai view angle yang lebar. Untuk itulah, Anda membutuhkan sebuah monopod atau tongsis. Namun saat menggunakan tongsis, tak mungkin sekali rasanya saat mengambil gambar Anda menekan tombol shutter secara langsung. Untuk itulah, dibutuhkan sebuah Bluetooth Remote Control Wireless Shutter yang khusus diperuntukan untuk Xiaomi Yi Cam Anda.

Sebelum menggunakan remote ini, Anda perlu menyambungkannya terlebih dulu ke Xiaomi Yi Cam. Tenang saja, caranya mudah kok! Pertama, update firmware ke versi terbaru (minimal versi 1.1.0), lalu nyalakan kamera dan tekan tombol wifi 2X pada Yi Cam. Pastikan lampu LED pada Wi-Fi menyala terus menerus (bukan berkedip). Selanjutnya, tekan tombol power remote shutter, maka kamera akan berbunyi ‘beep’. Yeay..! Itu artinya remote sudah tersambung dengan Xiaomi Yi Cam Anda :)

Tapi satu yang harus Anda ketahui terkait hal ini. Karena remote bluetooth ini untuk menghubungkannya ke Xiaomi Yi Cam membutuhkan update firmware, maka hal itu akan membuat Xiaomi Yi Anda rawan kerusakan. Sampai saat ini, pihak Xiaomi pun masih belum bisa mengatasi bugs yang terjadi saat update firmware tersebut.

LCD Tambahan

Pastinya, Anda telah mengetahui bahwa Xiaomi Yi Cam tidak dilengkapi dengan LCD pada body belakangnya. Ya, itu adalah kekurangannya! Untuk itulah, ketika mengintip hasil jepretan atau rekamannya, dibutuhkan sebuah smartphone yang terhubung melalui aplikasi bawaan dari Xiaomi. Namun, banyak yang mengeluhkan cara ini mampu dengan cepat menguras baterai kamera dan smartphone, karena terhubung dengan sambungan Wi-Fi dengan waktu yang cukup lama.

LCD Screen Xiaomi Yi

Tampaknya, Anda tak perlu khawatir lagi tentang masalah ini. Bagaimana solusinya? Ya, untungnya kini ada pabrikan yang mengeluarkan aksesoris LCD untuk Xiaomi Yi Cam. Tenang saja, pengaplikasiannya cukup mudah kok, Anda hanya perlu membuka backdoor dan melepas baterai.

Kemudian, pasangkan LCD pada belakang kamera. Jika LCD hanya menampilkan warna biru, maka yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi bawaan dan aktifkan pilihan ‘AV Output’. Namun sayangnya, harga LCD tambahan untuk Xiaomi Yi Cam ini masih dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni sekitar 700 ribuan.

Filter

Anda pastinya mengira, bahwa DSLR saja ‘kan yang hanya dilengkapi dengan berbagai filter? Ternyata tidak lho! Bahkan, action cam sekelas Xiaomi Yi Cam telah mendukung untuk pemasangan filter ini. Sama seperti fungsi filter pada DSLR, pada action cam filter UV juga berfungsi untuk melindungi lensa dari benturan atau goresan.

Filter Xiaomi Yi

Tapi satu yang wajib untuk diingat, pemakaian filter ini bisa saja menurunkan kualitas gambar. Terutama, jika Anda menggunakan filter dengan kualitas optik yang rendah. Selain filter UV, pada Xiaomi Yi Cam juga tersedia pula filter Neutral Density (ND), CPL, dan filter warna-warni yang bisanya digunakan untuk pengambilan gambar underwater. Tak usah dijelaskan panjang lebar, karena filter tersebut sama persis fungsinya seperti yang ada pada kamera DSLR.

Perlu Anda ketahui, Ada perdebatan terkait dengan penggunaan filter pada Xiaomi Yi ini. Ada yang mengatakan penggunaan filter menghasilkan gambar lebih bagus, sebagian mengatakan penurunan kualitas gambar, bahkan sebagian pula ada yang bilang menyebabkan vignette. Daripada mendengarkan perdebatan yang belum tentu kebenarannya, mending coba aja sendiri  deh biar tahu hasilnya! :)

Dome Xiaomi Yi

Mungkin, ketika Anda membuka Instagaram atau media sosial lainnya, pastinya Anda pernah menemui foto unik yang membagi dua foto dalam satu frame ‘kan? Ya, itu tampak seperti setengah air dan setengah lagi udara dalam satu frame (biasa disebut Half Underwater Photography). Pastinya Anda bertanya-tanya, bagaimana cara mengambil foto tersebut?

Half Underwater Photography

Sebenarnya untuk mengambilnya sangat gampang! Yakni hanya menggunakan sebuah alat yang dinamakan dengan Dome. Dan kabar baiknya, sekarang telah tersedia Dome yang kompatible dengan Xiaomi Yi Cam, yang disebut dengan Dome Xiaomi Yi. Sebenarnya, cara kerja dari dome ini adalah memberi jarak dari lensa action cam ke titik terdekat objek. Jarak inilah yang akhirnya dapat membuat Xiaomi Yi Cam mampu menangkap gambar dalam air dan permukaan secara bersamaan.

Jual Dome For Xiaomi Yi

Untuk bentuk fisiknya, sebenarnya hampir mirip dengan Dome GoPro, begitu pula dengan cara kerjanya. Dome Xiaomi Yi ini berbahan dasar dari Acrylic dan ABS yang mampu bertahan di kedalaman maksimal 5 meter. Dome ini juga telah dilengkapi housing waterproof yang menempel pada body dome >> Dapatkan rekomendasi Dome Xiaomi Yi dengan penawaran harga termurah <<

Led Flash Light

Momen-momen terbaik bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Untuk itu, Anda perlu menambahkan aksesoris penting untuk Xiaomi Yi Cam Anda. Ya, itu adalah LED Flash Light yang membantu memberikan pencahayaan ketika Anda mengambil gambar di tempat yang minim cahaya.

LED Flash Light

Apapun kegiatan Anda seperti surfing setelah matahari terbenam, berkendara di tengah malam, dan menyelam di kedalaman yang lebih dalam lagi, sekarang tak lagi menjadi masalah. Pilihlah LED Flaslight yang mampu mengatur kecerahan dan kecepatan cahaya, serta memungkinkan penggunanya untuk mengontrol shots mereka dalam setiap adegan atau lokasi (misalnya seperti di dalam air, atau di mana saja).

Silicone Case

Silicone Case
Sebagai penunjang untuk membuat tampilan Xiaomi Yi Cam Anda tampak lebih keren, maka Silicon Case Xiaomi Yi adalah solusinya. Bukan hanya untuk mempercantik saja, Silicon Case ini terbuat dari bahan material silicon yang berkualitas yang mampu melindungi Xiaomi Yi Cam Anda dari goresan, benturan, debu, dan hal-hal lainnya yang dapat mengancam keawetannya. Tersedia dalam berbagai warna seperti hitam, merah, biru, dan hijau.

Chest Mount

Anda hobi melakukan aktivitas olahraga seperti bersepeda, motorcross, mendaki gunung, atau sekedar melakukan aktivitas seru lainnya? Untuk itu, Anda harus mengabadikan setiap momen seru tersebut dengan bantuan Xiaomi Yi Acion Cam Chest Mount. Aksesoris ini berfungsi untuk untuk memudahkan Anda merekam video dan foto dari Xiaomi Yi Cam yang ter-mounting Chest Mount dari dada Anda.

Chest Mount Xiaomi

Selain itu, aksesoris ini kompatibel dengan semua action cam yang menggunakan mounting GoPro, termasuk Xiaomi Yi Cam. Jadi kegiatan apapun dan dimanapun, selama Anda ingin merekam video menarik, dengan sudut pandang lebih rendah dari kepala Anda, maka solusinya bisa menggunakan Xiaomi Yi Chest Mount. Bahkan, ukurannya dapat diatur agar sesuai dengan berbagai ukuran orang dewasa.

Wrist Strap

Jika Anda menginginkan sudut pengambilan video ataupun foto ketika menggunakan Xiaomi Yi Cam, maka salah satu pilihannya Anda juga dapat mengunakan Wirst Strap. Strap ini mampu dipasangkan pada pergelangan tangan, lengan, stang sepeda, dan lainnya.

Wirst Strap

Aksesoris ini juga kompatibel dengan semua action cam yang menggunakan mounting GoPro, termasuk Xiaomi Yi Cam. Selain itu, strap ini juga di rancang untuk bisa di atur ukurannya menyesuaikan dengan medianya (seperti ikat pinggang). Bahkan, strap ini juga tahan air/water-resistant sehingga lebih awet dan dapat digunakan kapanpun.

Head Mount

Selain Anda dapat mengabadikan momen melalui video dan foto dengan Xiaomi Yi Cam yang menggantung di dada dan lengan, Anda juga dapat meletakannya di kepala Anda. Ya, dengan menggunakan Xiaomi Yi Action Camera Head Mount, Anda mampu mengabadikan semua hal yang dilihat oleh mata Anda dengan perspektif yang sama.

Head Mount

Bahkan, aksesoris ini juga dilengkapi dengan holder untuk rahang bawah yang berfungsi untuk menahan kamera Anda agar tidak terlepas begitu saja. Aksesoris ini kompatibel dengan semua action cam yang menggunakan mounting GoPro, termasuk Xiaomi Yi Cam. Anda pun dapat menggunakannya untuk segala aktivitas seperti surfing, skateboarding, riding bicycle/motorcycle, driving, dan masih banyak lagi lainnya.

Handle Bar Mount

Anda gemar melakukan bersepeda atau motorcross? Jika ya, maka Anda dapat memanfaatkan Xiaomi Yi Cam Anda dan meletakannya di bagian depan setir sepeda Anda. Caranya, yakni dengan menambahkan Handle Bar Mount dan mengaitkannya ke Xiaomi Yi Cam Anda.

Bike_Handlebar_Mount

Biasanya, cara ini digunakan untuk mengambil gambar dengan Xiaomi Yi Cam Anda dengan perspektif yag sama melalui track yang sedang Anda lewati. Dengan begitu, video yang Anda dapatkan akan lebih menarik dan yang melihatnya lebih mampu merasakan langsung seperti di tempat kejadian.

Extra Battery & Charger

Extra Battery Charge Xiaomi Yi
Tak ingin ‘kan ketika Anda sedang asyik-asyiknya mengabadikan momen, tiba-tiba Xiaomi Yi Cam Anda mati karena baterai habis? Untuk itu, salah satu hal wajib yang harus Anda miliki adalah Extra baterry/ baterai lengkap dengan cahrgernya. Ada baiknya, Anda mencari satu set baterai + charger dengan kapasitas baterai yang cukup besar. Banyak produk dari pihak ketiga yang menjual Extra Battery dan charger, untuk itu pilih produk yang benar-benar berkualitas dan kompatibel dengan Xiaomi Yi Cam Anda.

Action Cam Bag

Anda suka travelling? Jika ya, mungkin itulah salah satu alasan Anda membeli Xiaomi Yi Cam. Mengabadikan seluruh kegiatan outdoor adventure Anda dengan lebih menyenangkan. Seperti yang Anda lihat (pada list artikel ini), banyak sekali aksesoris Xiaomi Yi Cam yang perlu Anda bawa.

Action Cam Bag

Untuk itu, pastinya Anda membutuhkan Action Cam Bag yang mampu menyimpan dengan baik Xiaomi Yi Cam Anda beserta seluruh aksesorisnya dengan aman ketika berpergian. Tas ini didesain khusus dengan mock up yang presisi untuk Action Cam Anda. Bahkan dengan Action Cam Bag, Anda juga dapat membawa mounting dan aksesoris lainya saat melakukan kegiatan outdoor adventure.

Bagaimana, sudah ada gambaran ingin membeli aksesoris yang mana untuk Xiaomi Yi Cam Anda? Pastinya Anda tak perlu membeli semua aksesoris di atas, hanya saja sesuaikan dengan kebutuhan Anda!

Paket Xiaomi Yi Murah

Lalu bagi yang masih belum memiliki Xiaomi Yi Cam, maka Plazakamera.com mempunyai penawaran menarik untuk Anda. Kami memberikan penawaran paket super hemat Xiaomi Yi Cam yang sudah termasuk standard housing waterproof, memory 16 GB, dan juga hunter selfie stick (tongsis).  Penawaran ini sangat terbatas, jadi dapatkan sekarang juga sebelum kehabisan! Potongan harga hanya berlaku untuk pembelian paket saja ya :D >> Klik Disini <<

Masih Ingin Potongan Harga Xiaomi Yi Cam?

Kami Berikan!

Tidak ingin harga paket, maka ada pilihan lain! Kami berikan potongan harga 35 Ribu untuk setiap pembelian Xiaomi Yi Cam. Caranya, daftarkan email Anda menjadi Subscriber Plazakamera.com untuk mendapatkan newsletter dan promo menarik yang akan kami kirimkan ke email Anda setiap minggunya.

Daftarkan Email Anda sekarang juga dan dapatkan potongan harga Xiaomi Yi Cam, KLIK DISINI

Related Post

26 thoughts on “Inilah 14 Aksesoris Wajib untuk Maksimalkan Xiaomi Yi Cam Anda!”

  1. mohon jawabam nya . kenapa gan yi xiomi ya tiba tiba mendadak mati . awal nya sya memakai nya lancara lalu aya sesudah beres memakai . lalu sya lupa cabut batre nya . pas esok hari sya cas kok gak masuk ya . mohon jawaban nya gan

    1. Mungkin pada kasus ini terjadi kerusakan pada baterai atau Xiaomi yi-nya yang gak bisa d cas. Coba pinjem baterai teman atau cas baterai melalui charger adapter kak. Semoga membantu.

    1. Nggak bisa kak, karena begitu masuk air, frekuensi akan terganggu… Jadi kesimpulannya belum ada remote wifi untuk underwater..

      Kecuali voice control pada GoPro Hero 5 yang masih dikembangkan ini…

  2. gan mau tanya, kenapa xiami saya setelah foto gambarnya hitam alias tdk ada gambar apa2. dan sering kali lemot dan sulit untuk di download.. yg pasti sih lemot bgt. kenapa ya????

    1. masalah memory aja kak…. seharusnya dengan ganti memory yang mendingan sudah kelar kok masalahnya…

  3. Selama diving apakah lcd touchscreen xiaomi bs dioperasikan untuk merubah2 dr mode video ke mode foto?

    1. sayangnya, housing Yicam semua hard case nggak ada yang soft door seperti punya GoPro… Jadi ya, waktu diving nggak bisa ganti mode lewat touchscreen…

  4. Ka, tongsis resminya yi cam itu tahan air gak ka? Trus kalo shutter remotenya aku lapis pake cling wrap gitu kira2 aman gak ka? Makasih banyakkk ^^

    1. wah kalau dipakai nyelam nggak ada remote yang bisa kak :D. Walaupun sudah diwrap.
      tongsisnya anti air, tapi biasain cuci air biasa biar nggak gampang karat :)

    1. nggak harus kak, kecuali kalau nggak diupdate yicamnya ndak mau ngerekam… Malah lebih aman nggak usah diupdate sebenarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *