Ini Nih Alat-Alat Vlog Wajib Punya.. Yuk, Mulai Nge-Vlog!

Nge-vlog atau membuat video vlog semakin populer belakangan ini. Bisa jadi karena memang ingin terkenal di YouTube atau sekedar membuat dokumentasi untuk pribadi, yang bisa saja akhirnya, malah terkenal.

Apapun alasannya, akan sangat sayang sekali untuk tidak memanfaatkan Youtube, karena itu bisa jadi life-changing moment bagi siapapun. Beruntung, kami sudah menyiapkan beberapa hal esensial yang bisa mengantar Anda ke life-changing moment tersebut. Yang akan disebutkan dalam artikel ini akan ngebantu Anda menghasilkan video vlog yang keren. Let’s dig it..!

 

KAMERA

Tentu saja, bikin video membutuhkan kamera untuk merekamnya. Tidak perlu yang mahal kok untuk menghasilkan konten bagus, banyak video blogger yang masih mengandalkan kamera smartphone atau webcam. Tapi tentunya viewer akan suka jika Anda membuat video yang high quality.

Jadi sebaiknya pakai kamera apa?

Banyak sekali pilihan kamera tergantung dari jenis video yang ingin Anda hasilkan. Bisa memakai camcoder compact (alias handycam), DSLR entry level, kamera mirrorles atau bahkan action cam GoPro.


SONY HDR-PJ410 FULL HD HANDYCAM

Baca Juga: “Step By Step Memilih Kamera Digital”

TRIPOD & TONGSIS

Jangan sepelekan tripod jika Anda ingin nge-vlog, bahkan saat anda berniat bikin video travelling sekalipun. Di masa sekarang pilihan tripod semakin beragam yang didesain untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik.

Jika Anda memakai kamera berat, misalnya DSLR, maka tripod dengan kaki yang kokoh (dan cenderung berat) akan jadi pilihan yang lebih cocok. Namun jika Anda hanya ingin nge-vlog sambil duduk manis maka pilih saja tripod mungil seperti Velbonn Ex-Macro yang bisa ditaruh di atas mejapun cukup.

Kalau jenis video Anda jalan-jalan seru maka bawalah GorillaPod yang kakinya sangat fleksibel. Keunggulannya adalah bisa untuk memasang kamera di tempat-tempat yang memiliki sudut susah sekalipun.

GORILLAPOD LARGE WITHOUT BOX

Selain GorillaPod, bisa juga membawa tongsis alias selfie stick untuk nge-vlog ala turis. Jika ingin mengatasi kamera shaking bisa sekalian memakai stabilizer seperti DJI Osmo atau Zhiyun Smooth Q.

 

LIGHTING

Lighting menjadi salah satu kunci penting dalam merekam video. Untuk nge-vlog tak perlu memakai lighting yang “wow”, yang penting efektif. Intinya adalah lampu tersebut untuk membuat Anda sebagai fokus viewer dan mengurangi shadow di wajah.

Sebenarnya bisa saja memakai lighting di ruangan atau pencahayaan natural dari jendela tapi itu akan terlihat kurang profesional. Kami merekomendasikan lighting yang basic dengan cahaya lembut paling tidak menggunakan ring light atau lampu LED.

Bisa juga Anda memakai satu lampu besar dengan cahaya lembut (biasanya ditambahkan diffuser) yang diposisikan 45 derajat di samping dan sedikit lebih tinggi dari kepala. Sementara itu ada satu lampu lagi yang ditembakkan di dinding atau langit-langit agar cahaya ruangan tidak terlalu kontras alias lebih merata.


APUTURE AMARAN LED VIDEO LIGHT AL-H198C

Catatan jika Anda menggunakan green screen nih!

Jika memakai green screen maka Anda harus memastikan sudah memisahkan lighting secara spesifik. Lighting itu harus cocok dengan chroma key. Semakin rata cahayanya maka semakin baik. Selain itu penting juga mengatur jarak antara Anda dan green screen untuk meminimalisir spill (cahaya hijau biasanya akan memantul ke Anda)

MIKROFON

Video udah cakep nih dengan lighting bagus, tapi kok suaranya jelek? Wah, jangan sampai kayak gitu ya!

Jadi jangan lupakan mikrofon sebelum memulai merekam video vlog. Walau sudah ada mikrofon bawaan di kamera tapi jangan gunakan itu. Sebaiknya Anda membeli mic eksternal dengan hasil yang jauh lebih baik. Cara yang lebih baik lagi adalah merekam audio dari mikrofon eksternal plus disambungkan ke audio recorder portabel.

Mikrofon eksternal seperti apa yang bisa dipakai untuk nge-vlog?

 

Shotgun Microphone

Jenis ini adalah pilihan terbaik karena kemampuannya dalam menangkap suara kemanapun Anda mengarahkannya. Semakin dekat sumber suara dengan mic shotgun ini maka hasilnya semakin bagus. Merk paling populer adalah RODE VideoMic Pro yang bisa dipasang di bagian atas bodi kamera.

RODE VIDEOMIC PRO RYCOTE

Jika posisi sumber suara agak jauh dari kamera maka bisa menggunakan mic shotgun ukuran besar yang lebih profesional, misalnya RODE NTG series. Anda juga butuh boom stand untuk menjaga posisi mikrofon tetap steady, misalnya di atas sehingga bisa menangkap suara dengan optimal. Tapi kalau menggunakan RODE NTG nanti-nanti saja kalau memang niat bikin studio yang lebih bagus lagi.

Lavalier Microphone

Jika Anda banyak bergerak atau ingin lebih bebas maka paling cocok mikrofon jenis lavalier wireless yang bisa dijepitkan di baju. Beberapa merk seperti Sennheiser dianggap paling bagus, dan BOYA juga karena hematnya sudah jadi pilihan populer.

Meski bagus dan efektif untuk monolog di video Anda, namun jenis ini kurang begitu disukai belakangan ini karena kesannya kaku, di era vlogger menyukai gaya lebih kasual dan cool.


BOYA WIRELESS MICROPHONE BY-WM6

USB Microphone

Jika Anda melakukan voice-over atau duduk di depan komputer maka mic USB sudah cukup efektif untuk menangkap suara Anda dengan jelas. Cocoknya dipasangkan dengan webcam untuk merekam video. Merk yang kami rekomendasikan ada RODE NT-USB, beberapa plihan Youtuber juga ada yang pilih Blue yang model Yeti.

Namun jika Anda memutuskan memakai mic USB maka dibutuhkan juga software khusus untuk merekamnya. Ada program seperti GarageBand (untuk pengguna Mac) atau audio editor bernama Audacity yang mudah digunakan. Anda tinggal merekam, memanipulasi kemudian meng-ekspor untuk editing final.


RODE USB MICROPHONE NT-USB

File audio yang direkam secara terpisah dapat disinkronkan dengan video Anda secara manual. Caranya dengan memakai software editing yang mencocokkan lonjakan gelombang suara dengan audio dalam kamera (suara yang dibuat oleh clapperboard atau tepuk tangan di awal perekaman video) atau menggunakan perangkat lunak seperti PluralEyes.

 

PEREKAM AUDIO

Selain mikrofon, perekam audio juga sama pentingnya. Pasalnya, kualitas rekaman suara di kamera compact dan bahkan DSLR tidak bisa high quality jadi lebih baik gunakan perekam suara portable. Merk yang bisa dibilang wajib punya adalah Zoom H4N dan Tascam DR-40.

Banyak recorder portable yang memiliki mikrofon high quality di dalamnya sehingga lebih efisien bagi Anda. Cukup dekatkan recorder ke sumber suara dan hasilnya memuaskan.


ZOOM H4N PRO WITH ACCESSORY PACK

Baca Juga: “RODE Videomic Pro+, Layakkah Upgrade?”

Software Editing

Setelah perekaman video dan audio selesai maka memasuki tahap akhir yaitu mengeditnya. Anda bisa menggunakan program NLE (non linear editing) yang ada di dalam komputer untuk memotong konten rekaman.

Sebenarnya komputer jaman sekarang sudah memiliki fitur untuk mngedit video, setidaknya basic, namun jika ingin yang lebih baik bisa memasang software khusus. Namun pastikan komputer Anda kuat.

Sebut saja ada Adobe Premiere Pro, Apple Final Cut Pro X dan Sony Vegas Pro yang biasa digunakan para profesional untuk mengedit video. Tapi memang dibutuhkan energi lebih untuk mempelajarinya. Jika ingin yang lebih simpel juga ada seperti Adobe Premiere Elements atau bahkan Apple iMovie sudah cukup mumpuni.

Secara teknis, nge-vlog sebenarnya tidak rumit yang bisa dilakukan bahkan memakai peralatan video sederhana. Namun memang paling penting adalah kontennya, bagaimana Anda membuat tampilan video atau dialog yang menarik. Bagaimana Anda nge-shot pemandangan untuk vlogger traveller atau bagaimana menata background yang tepat jika vlog Anda adalah jenis review.

Jika sudah membuat video vlog yang kece, jangan lupa untuk mempromosikannya ya!

Related Post

One thought on “Ini Nih Alat-Alat Vlog Wajib Punya.. Yuk, Mulai Nge-Vlog!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *