Hanya dengan Hobi Fotografi, Kamu Bisa Hasilkan Banyak Rupiah Lho!

Hmm… saya yakin, semua yang telah sampai hati membuka artikel ini, itu artinya kamu mempunyai keterikatan yang erat dengan dunia fotografi dan ingin mendapatkan pundi-pundi rupiah dari hobi menjadi fotografer.

Eitsss…. kamu pasti beralasan tidak PD, karena belum menjadi fotografer profesional ‘kan? Santai saja, untuk mendapatkan uang dari hobi fotografer tidak melulu dengan menjadi fotografer kok!

Many ways to make money :)

Berikut ini merupakan banyak cara yang harus kamu coba bila ingin mendapatkan pundi-pundi rupiah hanya dengan mengandalkan hobi fotografi kamu!

WebSebelum melakukan brainstorming terkait berbagai daftar di atas, kita hanya memikirkan “Bagaimana caranya mendapatkan uang sebagai seorang fotografer?”

Tapi, hanya dengan beralih memikirkan “fotografer apa” kita nantinya, mencoba mencari macam-macam “fotografer di luar” sana, dan kesusahan yang dialami “fotografer yang sudah mapan”, kita bisa memikirkan banyak hal baru.

Apa yang Harus Dilakukan dengan Daftar Diatas?

Pertama, perhatikan baik-baik satu per satu ide/jenis fotografer yang ada di infografik sebelumnya, dan kemudian: PICK ONE! Ambil satu! Cukup ambil satu saja jenis fotografer dan cobalah menjadi yang terbaik di sana. Belum ada fotografer yang begitu dikenal hanya karena memotret hewan peliharaan kan?

Mencetak Rupiah dari Hobi Fotografer 1

Jelas saya pribadi nggak tahu mana yang paling cocok dengan Anda atau mana yang kemungkinan nyumbang duit paling banyak. Tapi yang paling membedakan antara fotografer “pro” dengan fotografer lain adalah komitmen untuk belajar terus, lebih cepat dari siapa pun.

Umumnya, Pilihan Akan Jatuh ke ‘Fotografer Saja’

Jika kita melihat list dari infografik sebelumnya, kemungkinan yang paling banyak dipilih untuk mendapatkan duit adalah dengan menjadi fotografer fashion. Bahkan, fotografer genre ini telah menjamur di sekeliling kita.

Meskipun begitu, namun hanya beberapa saja yang bisa dibilang profesional dan menghasilkan foto berkualitas. Selebihnya, banyak diantara mereka hanya sekadar memotret saja (tanpa tahu teknik dan komposisi foto yang pas).
Mencetak Rupiah dari Hobi Fotografer

Padahal, yang diharapkan oleh klien adalah keterampilan kamu dalam memfoto (bukan asal jepret). Untuk itu, banyak klien benar-benar akan selektif dalam memakai jasa fotografer yang cukup handal.

Simpelnya begini, kamu membuat uang dengan kamera kamu. Untuk itu, kamu harus mempunyai skill yang mumpuni agar orang-orang puas dengan hasilnya. Jadi, jangan hanya terpaku pada satu genre fotografi yang sedang ramai dan sudah ada, melainkan cari genre fotografi yang cukup unik dan cocok dengan minat kamu sendiri :)

Cara Baru untuk Menghasilkan Banyak Rupiah

Sebenarnya, banyak berbagai genre fotografi yang belum cukup populer tetapi justru mampu menghasilkan banyak rupiah. Adapun genre fotografi tersebut seperti social media photography, aerial/ drone photography, be a second shotter, bahkan hingga membuka jasa editing foto.

Social Media Photography

Sekarang ini, banyak perusahaan mulai memperhatikan sosial media (terutama Instagram) sebagai salah satu aktivitas kampanye mereka. Jika kamu bisa menangkap peluang, maka melalui hal ini kamu bisa berkesempatan mengeruk pundi-pundi rupiah lho!

Sosmed

Hah, bagaimana caranya?

Kamu pernah mendengar Social Media Photography? Disebut social media fotografi, karena fotografer dibayar untuk mempublikasikan karyanya melalui media sosial (terutama Instagram) dengan tujuan untuk berbagi dengan followers mereka.

Buktinya, perusahaan sekelas Mercedes Benz, Sony, Nike dan Vogue menggunakan jasa social media photography untuk memberikan pengalaman customer yang luar biasa.

Di Indonesia sendiri, social media photography sudah cukup populer lho. Salah satu produk sepatu dengan merek Brodo juga menerapkan genre photography ini.

Brodoo IG

Sebenarnya, untuk social media photography ini cukup luas banget!

Jika kamu hobi travel photography, maka kamu bisa bekerja sama dengan agen-agen perjalanan seperti Traveloka.com, Tiket.com, dan masih banyak lagi lainnya. Tapi bagi yang suka food photography, maka kamu bisa bekerjasama dengan restaurant atau rumah makan. Dan jika kamu lebih memilih real estate photography, maka kamu bisa bekerjasama dengan agen-agen properti.

Traveloka

Gampang ‘kan? Apa saja pilihan kamu, persamaannya hanya satu. Semuanya dibagikan melalui platform media sosial seperti Instagram.

Jujur, ini terlihat gampang memang! Tapi jangan salah, untuk menjadi seorang social media fotografer kamu perlu lebih dulu mendapatkan banyak followers. Dan itu membutuhkan waktu yang tak singkat.

Areial/ Drone Photography

Benar jika kamu mengatakan bahwa aerial fotografi sudah sedari dulu ada. Hanya saja, tak sebeken kayak sekarang!

Foto Aerial atau Drone

Tapi dengan munculnya drone berkualitas tinggi yang mempunyai harga terjangkau (seperti produk populer drone DJI Phantom), ditambah dengan sistem penggunaan atau pembelajaran drone yang cukup mudah, fotografi genre ini semakin banyak saja peminatnya.

Jika kamu bertanya ‘apakah fotografi jenis ini sangat menjanjikan dan mampu menghasilkan banyak rupiah?’

Jawabannya iya! Jika kamu berminat, maka kamu bisa menangani project seperti video klip band kreatif, video company profile, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.

DJI Pantom Series

Bagi kamu yang ingin menjadikan drone fotografi sebagai pilihan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah, maka kami punya rekomendasi produk drone DJI terlengkap mulai dari DJI Phantom series hinga DJI Inspire series.

Temukan berbagai produk Drone DJI terlengkap dan termurah dengan kualitas terbaik hanya di PlazaKamera.com, Klik di sini.

Be a Second Shooter

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari hobi fotografi. Salah satunya, yakni dengan menjadi second shooter (fotografer pembantu) dalam sebuah project pemotretan.

Sebenarnya, cara ini sudah umum dilakukan. Hanya saja, jika ingin mengandalkan cara ini untuk mendapatkan pemasukan secara finansial, maka caranya adalah banyak-banyak memperluas link dengan sesama fotografer.

second-shooter

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu masuk ke dalam sebuah komunitas fotografer.

Bahkan, hingga banyak-banyak mengenal fotografer profesional.

Jika hal tersebut kamu lakukan, maka kesempatan untuk menjadi second fotografer dalam sebuah project akan terbuka lebar.

Mengapa second photographer ini begitu dibutuhkan? Ini dikarenakan, seorang fotografer utama tidak akan mungkin menjangkau semua elemen objek yang akan di foto. Sehingga, dibutuhkanlah seorang fotografer pembantu.

Edit & Retouch

Ya, saya pribadi pun yakin bahwa banyak orang hanya suka menjepret sebuah foto saja, tapi nggak untuk masuk ke dapur editing!

Saya yakin, kamu pun belum tentu menyukainya bukan?

Tapi, bagaimana jika itu merupakan ladang rupiah bagi kamu?

Memang, ketika sebuah foto memasuki dapur editing, maka hal tersebut akan memakan waktu yang cukup lama. Hal itu pula lah yang membuat bosan banyak orang untuk melakukannya.

Edit & Retouch

Atau mungkin juga, seorang fotografer hanya mahir bagaimana caranya mengambil foto dengan komposisi yang tepat, tapi belum tentu mengetahui teknik editing yang baik.

Kesempatan inilah yang bisa kamu manfaatkan jika kamu memiliki skill editing yang cukup mumpuni.

Jika cara ini cocok dengan passions kamu, maka sebelumnya kamu harus mempunyai portofolio terlebih dulu. Ini dilakukan sebagai pertimbangan si klien untuk mengetahui skill kamu.

Edit

So, mulai dari sekarang asah skill kamu dalam hal editing foto dan sebarkan di social media ataupun sesama teman fotografer. Siapa tahu, dengan begitu mereka akan tertarik memakai jasa kamu untuk editing foto mereka.

So, Mana yang Jadi Pilihan Kamu?

Bagaimana, banyak jalan ‘kan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari hobi fotografi? Ini tergantung pilihan sih! Misalnya jika kamu memilih aerial atau drone photography, maka pilihlah drone terbaik misalnya seperti DJI Phantom Series agar hasil yang diambil juga memuaskan klien Anda!

Cari DJI Phantom dengan Kualitas & Harga Terbaik?

Dengan memiliki DJI Phantom Series, kamu akan lebih mampu menghasilkan karya terbaik dengan operational drone termudah dan fitur terlengkap.

Lihat berbagai penawaran Drone DJI dengan harga termurah di PlazaKamera.com, Klik Disini!

2 thoughts on “Hanya dengan Hobi Fotografi, Kamu Bisa Hasilkan Banyak Rupiah Lho!”

  1. Informasinya sangat berarti bagi saya pribadi yang saat ini masih belajar photograpy namun belum pernah memikirkan untuk menghasilkan dari photograpy karena masih kurang pede dengan pengetahuan yang saya punya saat ini tentang dunia photo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *