Hack Supaya Kapasitas Memory Lebih Besar!

Ini adalah hack yang mungkin juga bukan hack, karena sebenarnya ini adalah pengetahuan dasar mengenai memory :D (yang lucunya masih banyak yang belum tahu).

Choose-the-Right-Sandisk-SD-Card-for-Your-Camera-Step-4

Jadi gini, beberapa waktu lalu ada customer sekaligus teman yang komplain karena memory SDHC miliknya tiba-tiba saja hanya mampu menyimpan sedikit foto: yang tadinya bisa sampai ribuan 20MP foto, sekarang jadi cuma mampu menyimpan puluhan saja. Padahal menurutnya, setting foto juga bukan RAW, tapi kok bisa nggak cukup, ya?

Mengingat saya dulu juga tidak tahu-menahu masalah ini, jadi di sini saya coba share sedikit tentang penyebab dan solusinya (yang mau nambahin silahkan di kolom komen ya…).

Penyebab: Cache.

Semua foto yang pernah tersimpan akan secara otomatis membuat “cache” pada memory kita. Tujuannya adalah ketika nanti kita mau view tuh foto, loadingnya akan jauh lebih cepat nggak peduli seberapa besar foto kita.

Lah, walaupun sudah mengetahui hal ini, kita lebih sering memindahkan foto-foto saja ke komputer kita tanpa menghapus cache (yang biasanya hidden) yang tersisa di memory kita. That’s why lambat laun seiring kita pakai terus memory, kapasitas memory kita jadi tergerus oleh cache yang terus menumpuk.

Solusi/Hack: Format

Lakukan format memory setiap kali selesai back up semua file foto Anda. Jadi setiap selesai sesi foto, back up semua foto Anda, dan format ulang memory yang digunakan tadi.  Dengan begini, nggak hanya cache yang tertumpuk akan hilang, tapi juga sekaligus potensi data corruption karena masuk kamera atau komputer macam-macam juga hilang.

So that’s it. Hack sederhana ini semoga bisa membantu bagi yang mengalami masalah seperti teman saya tadi :)

Temukan Memory Terbaik untuk Kameramu!

Banyak yang perlu dipertimbangkan dalam memilih memory: mulai dari tipe memory, kapasitas, reading speed & writting speed, support 4K atau tidak. Anyway, kita ada semua :)

Dapatkan Memory Card dengan harga termurah sekarang juga hanya di Plazakamera.com, KLIK DISINI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *