GoPro ID: Komunitas Level Nasional yang Berawal dari GoPro

E-mail, Facebook, Instagram, adalah contoh kreasi manusia dan teknologi masa kini yang mampu menggerakkan kultur, kebiasaan, dan nilai-nilai sosial.

Dan sebelum drone (akan) menjadi salah satu dari deretan kreasi penggerak sosial tersebut, adalah GoPro yang merubah cara orang travelling, berolahraga, membuat film, dokumentasi, dan bahkan cara kita menghabiskan masa hidup kita (ada lebih banyak orang di dunia yang lebih aktif berolahraga, membuat event, dan menjelajah tempat-tempat semenjak GoPro mulai di-release).

Untuk itu, berusaha mengikuti gelombang baru ini, PlazaKamera sempat bertemu dan mengadakan beberapa sesi tanya jawab dengan GoPro ID Surabaya, sekumpulan muda-mudi asal Surabaya yang sangat antusias (sekali) dengan GoPro. Dan percayalah, komunitas ini skala nasional.

Jadi, bagaimana mungkin sebuah kamera aksi kecil, GoPro, mempu menggerakkan pemuda Indonesia untuk berkumpul dan berinteraksi membentuk komunitas skala nasional? Let’s do some Q&A.

GoPro ID

Beberapa rekan GoPro ID Surabaya mampir di PlazaKamera

 

dengan Nico/Ketua Regional GoProID Surabaya

Apa sih sebenernya GoPro ID itu?

Ya, jadi GoPro ID itu merupakan sebuah komunitas pecinta kamera GoPro, dimana komunitas ini berpusat di Jakarta dan memiliki cabang2 di regional lain termasuk salah satunya GoPro ID Surabaya. Jadi para GoPro user yang bergabung di komunitas ini bisa sharing hasil karyanya dengan GoPro terus juga bisa belajar sambil berkenalan menambah relasi dengan para GoPro user yang lain baik di dalam regionalnya sendiri atau juga kawan dari GoPro regional lain.

Jadi, semua berawal dari GoPro. Apa saja kegiatannya? Harus selalu terkait dengan GoPro?

Bener banget. Jadi memang semuanya ini terjadi karena adanya GoPro. Yang menurutku merupakan salah satu pelopor utama terciptanya action cam yang sekarang sudah banyak brand yang mulai memasarkan actioncam. Kegiatan kita di komunitas ini tentunya kita ada kopdar atau nongkrong bareng sambal mengakrabkan diri dengan member lain. Selain itu kita juga mengikuti event2 dari pihak luar yang mengundang goproid semisal untuk mendokumentasikan acara mereka dengan GoPro, terus membuka booth pameran komunitas Gopro ID, dan juga jalan2 atau nge-trip bareng!

Siapa yang memulai GoPro ID? Bisa sedikit ceritakan?

Gopro ID ini terbentuk pada 23 Februari 2014, dimana GoPro ID sendiri terlahir atas usulan para founder di dalam thread komunitas di forum terbesar di Indonesia. Ketua Gopro ID sekarang ini adalah Muhammad Islam Alwi (IG: alwi_fals). Dan sekarang GoPro ID sudah memiliki banyak cabang di regional lain

Lalu bagaimana dengan GoPro ID Surabaya? Masing-masing daerah punya agenda masing-masing? Bagaimana semua bisa terhubung (antar daerah)?

Kita dengan regional lain tentunya saling mendukung acara masing-masing. Dan memang bisa terhubung karena terpusat. GoPro ID pusat memiliki grup chatting yang didalamnya berisi admin dari GoPro ID regional di seluruh Indonesia yang sudah ada. Jadi lebih memudahkan untuk koordinasi sih. GoPro ID Surabaya ini juga masih baru terbentuk setelah melalui beberapa proses pengajuan ke pusat. First meet kita tanggal 16 Januari 2015 dan tentunya menjadi tanggal ulang tahun GoPro ID Surabaya.

Apa yang kalian harapkan ke depannya dari terbentuknya GoPro ID ini, Surabaya khususnya?

Harapannya komunitas kita ini bisa menjadi sarana baik bagi para pemilik GoPro, calon Pemilik GoPro, atau orang yang penasaran dan menyukai kamera GoPro untuk bisa saling sharing dan belajar. Juga agar GoPro ID Surabaya semakin besar namanya, semakin banyak member aktifnya, dan bisa menghasilkan karya – karya yang disukai oleh banyak orang khususnya di Surabaya hingga seluruh Indonesia.

Last question, bisa ceritakan sedikit tentang keseharianmu dengan GoPro-mu? Apa km juga membawanya saat tidur atau km ajak mandi mungkin :)?

Hampir setiap hari saya membawa GoPro di tas karena kita tidak tahu momen apa yang akan terjadi setelah ini. Jadi GoPro menjadi senjata wajib untuk mengabadikan kehidupan sehari-hari haha..

GoPro ID

Toolkits GoPro milik anggota GoPro ID Surabaya (Nico). Mereka bahkan sering membuat DIY aksesoris seperti stabilizer.

dengan Babe/anggota GoPro ID 

So, bener dipanggil Babe? How come?

Bener bangettt, Hahaha… Soalnya “Babe” tuh panggilan nyokap ke aku klo di rumah, someday aku ganti Nickname di bbm pake nama babe, eh sampe skrng anak2 klo manggil bukan “BAYU” tapi “BABE”.

GoPro apa yang kamu pakai sekarang?

Pake GoPro apa yaa?? HAhhaha :D

Alhamdulillah pake GoPro Hero 4 Silver Edition bang, ini dah lebih dari cukup.

Jadi, coba ceritakan sedikit kenapa km kepincut sama GoPro?

Nah, klo di certain lengkap mah ya panjang bang. Intinya sih emang dari dlu suka sama foto2, eh terus mulai muncul tuh camera action GoPro. Aslinya mah gak ada duit buat beli GoPro, sempet ada duit mepet itu cukupnya buat beli actioncam tapi merk lain “SJC**M”. Setelah browsing sana-sini, liat youtube sgala macem perbedaan GoPro ma merk-merk kompetitornya jadi FIX dan YAKIN klo GoPro tuh emang AWESOMEEE bgt lah buat di ajak Travelling dengan hasil Foto/Video yang CIAMIIIKK…!! :D

Dan mulai dari itu nabung uang, sempet juga jual beberapa barang kesayangan biar cukup belinya… N’ then TARAAAA udah punya deh sekarang…

Sudah berapa lama join GoPro ID Surabaya?

Udah 3 bulanan lah, pokoknya baru join itu per tanggal 13 Maret 2015 atau per Second MeetUp / Kopdar di kaya resto…

Why join?

Karena eh Karena biar ketemu sama temen2 penyuka camera action GoPro juga, skaligus nemu wadah buat tuker ilmu soal actioncam yang CETAR ini + nambah temen juga kali yaa.. banyak TEMEN, banyak REJEKI :D

Apa km sudah tahu ada GoPro ID back then saat beli GoPro?

No Yet, malah baru tau tuh seminggu setelah beli. Gara-gara liat instagram eh ada komunitas resmi GoPro yaitu GoProID.

OK, sekarang semua orang sedang mencari-cari GoPro. Apa yang membuat kalian anggota GoPro ID berbeda dengan pengguna GoPro lain?

Perbedaannya ya??

Lebih ke status sama visi misi nya sih.

Klo Konsumen GoPro yang lain mungkin kameranya buat foto-foto diri sendiri, atau ma temen atau juga palingan buat narsis-narsisan..

Klo kita dari GoPro ID sih hampir sama juga, Cuma lebih nunjukin aja klo daerah tempat regional GoPro ID itu berada tuh banyak tempat-tempat yang bagus. Selain itu juga kami dari GoPro ID lebih paham kali ya soal kamera GoPro, eitsssss….. 1 lagi, yang bedain kita GoPro ID sama orang-orang lain.

Klo mereka mewakili diri sendiri, klo kita ya mewakili GoPro ID dengan Regionalnya masing-masing. 

Last question, bisa ceritakan sedikit tentang keseharianmu dengan GoPro-mu? Apa km juga membawanya saat tidur atau km ajak mandi mungkin :)?

Keseharian ya??

Hmmm.. paling sering sih aku bawa ke kampus bang, entah itu moto anak2, moto area kampus, ataupun sampe setiap kali nongkrong ato main pasti aku bawa.

Soalnya juga sayang bgt klo gak di pake, lagian moment tuh gak dating 2x… HAhahahh :D

Bawa pas tidur? Engga lah, apa lagi di bawa mandi. Masa ya mau foto sambil mandi?? PORNO dong… :D :D

Paling di ajak renang lah paling sering.

 

*langsung meluncur cek instagram GoPro ID Surabaya

 

dengan Mega/salah satu anggota cewek GoPro ID Surabaya 

Wah, kamu ratunya anak GoPro Id Surabaya ya? Gimana rasanya gabung di komunitas yang mostly cowok?

Sebenernya banyak anak ceweknya tetapi banyak yang pasif dan aktif dari gath pertama itu aku sampe skrg, biasa ajj malah seneng buat nambah relasi teman dan relasi pekerjaan. Bertukar pikiran antara satu dengan lainnya..

Kenapa ngefans banget sama GoPro?

Kameranya simple dan bisa masuk tas dengan adanya keistimewaan simungil.

Kenapa mesti join GoPro ID? Sekarang banyak juga pengguna GoPro cewek, kira-kira apa mereka harus mengikuti jejakmu yang join GoPro ID?

Awal cuman buat punya punyaan tapi dengan gabung bisa atau caranya, editing, dan accessories  yang harus digunakan saat tertentu. Seperti begitu sih soalnya beda orang pasti beda pemikiran mereka tentang GoPro.

Menurut Mega nih, kira-kira ada bedanya gak sih cara makai GoPro antara anak cowok dan cewek?

Bedanya ? ada mungkin tergantung dari masing-masing. Ada yang cewek tapi cara dia makai GoPro itu sembarangan ada juga yang baik ataupun sebaliknya dengan gender tersebut.

Last question, bisa ceritakan sedikit tentang keseharianmu dengan GoPro? Apa kammu juga membawanya saat tidur atau km ajak mandi mungkin :)?

Biasanya aku sering isengin sih dengan cari yang unik buat GoPro ku seperti kasih garskin, beliin accessories, dan aku buat timelapse waktu iseng di mobil, foto bareng keluarga saat akhir pekan, pergi dengan teman-teman, dan kumpul bareng Hero Hore. Kalo bawa sampe tidur atau mandi sih enggak cuman kalo sudah selesai di pakai aku taruh di box yang jadi satu sama DSLR biar gak jamuran.

 

*salah satu post anggota GoPro ID Surabaya (Buyu) waktu menghadiri Indie Clothing Expo 

 

ICE7th @indieclothingexpo @erigostore @goproidsby #Goproid#Goproidsurabaya#the7thice

 

A video posted by line: buyu_ (@buyu_) on

4 thoughts on “GoPro ID: Komunitas Level Nasional yang Berawal dari GoPro”

  1. Gan, mao nanya nih, kalo harga lensa hero4 silver yang ori brpa ya ? Trus tmpt mana yg terpercaya untuk mesan ? Makasih sebelumnya gan.

  2. Gan, gw ada sdkit trouble nih hbis up firmware 5.00 buat go pro hero 4 silver.. Klu di pake take picture kok display di app gak bisa nampilin yaa,.?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *