Shopping Cart

Full Review: DJI Osmo

Anda yang tertarik dan berujung sampai pada Blogpost kali ini mungkin adalah pengguna GoPro (dan Feiyu), atau videografer, atau fans produk-produk DJI.

At least itu yang saya pikirkan pertama kali :).

Namun, melihat betapa bagus video dan media promosi DJI, tidak heran jika kita sebagai orang awam juga bertanya-tanya what is this Osmo thing??

Processed with VSCO with c1 preset

Apa itu DJI Osmo?

Handheld stabilizer yang sudah ada kameranya (sederhananya seperti itu).

Jika Anda sudah pernah mendengar istilah drone, mungkin Anda sudah tahu tentang DJI, produsen drone paling terdepan saat ini. So what?

Well, yang membuat DJI (dengan drone-nya) begitu terkenal hingga saat ini adalah karena mereka mampu memberikan hasil video yang sangat stabil di setiap drone mereka.

Dan sekarang bayangkan, kestabilan yang fantastis (bahkan pada sebuah drone) itu ada pada stick seukuran genggaman tangan, dan membuat Anda layaknya seorang cameraman handal in no time: itulah DJI Osmo.

Sebelumnya, orang-orang yang suka videografi menggunakan perlengkapan stabilisasi video yang berat dan mahal, ada juga yang menggunakan Feiyu: sama-sama handheld stabilizer, namun mesti menggunakan kamera action seperti GoPro. Tapi kali ini kita tidak membandingkan (sedikit-sedikit sih), kali ini kita full akan membahas this new thing: DJI Osmo.

Baca juga :   DJI Mavic VS DJI Phantom 4

Inside The Box

IMG_20151117_092049 Processed with VSCO

Begitu membuka box Osmo, kita langsung disambut dengan hardshell handy bag, dan beberapa kotak kardus kecil yang disusun layaknya LEGO di dalam box tadi. Di dalam hardshell bag sudah disusun rapi dan aman sebuah stick penuh dengan tombol dan kamera (this Osmo thing).

Begitu menyentuh Osmo ini, saya langsung memasang kesan yang baik karena rubber skin pada handle-nya sangat nyaman, stick dan engsel-engselnya pun terlihat kokoh.

Sekilas, juga terlihat beberapa logo gembok di sekitar kamera yang nantinya pasti jadi axis stabilizer. Ini benar-benar memberikan rasa aman karena kebanyakan stabilizer (apalagi yang menggunakan motor seperti feiyu) masih belum ada yang menerapkan sistem lock pada axisnya (padahal gimbal pada stabilizer adalah hal paling penting).

Processed with VSCO  Processed with VSCO  Processed with VSCO

Di kotak kardus kecil, kita akan mendapati baterai+charger, strap, dan manual book.

Seperti produk-produk drone DJI lainnya, DJI Osmo menggunakan seri baterainya sendiri dan berkapasitas 980 MAh: it will give you 60 minutes untuk merekam video. Dan menggunakan charger desktop, artinya ke depannya kita cukup membeli baterai cadangan (nggak perlu beli charger lagi) karena kita bisa pakai Osmo dengan satu baterai, selagi ngecharge baterai yang lain di desktop.

Baca juga :   Full Review: Feiyu Summon (Menantang DJI Osmo)

IMG_20151117_092557

Handphone Holder-nya pun bisa stretch cukup lebar, cukup lebar hingga Samsung Note 5 pun masih cukup. Di gambar paling atas, saya menggunakan Iphone 6 untuk mencoba DJI Osmo ini.

Desain holdernya pun cukup unik dan aman, daripada menekan bagian atas dan bawah handphone, holder didesain untuk mencengkeram bagian ujung-ujung (atas-samping) handphone. Kita juga bisa melepas bagian holder handphone ini dan menggantinya dengan aksesoris-aksesoris Osmo yang lain (bicycle arm, misalnya).

Processed with VSCO  Processed with VSCO

Kamera X3 yang terpasang pun juga dilindungi dengan ciamik oleh DJI. Lensa sudah dilindungi filter dan sekaligus sudah ada lens cap-nya juga.

Processed with VSCO  Processed with VSCO

Ok, enough with opening the box. Sebelum kita lanjut review penggunaan DJI Osmo, ada baiknya Anda melihat spesifikasi Osmo ini:

osmo

27 comments

  1. mau nanya ka, gimana kalo rekam video siaranya ko kaya robot, jd biar ga jaya robot setingannya giman maasih ka

  2. Patriot Widodo

    Siaran kayak robot ini waktu live view atau hasil videonya kak… kemudian hasil videonya disetel dimana kak?

  3. Kenapa dji osmo pas connection hp otomatis terbaca ke drone? Ga bisa di ubah..

  4. Patriot Widodo

    maksudnya gimana ini kak? karena hp nya sudah terconnect dengan WiFi Osmo sih

  5. Great beat ! I wish to apprentice whilst you amend your web site, how could i subscribe for a weblog
    web site? The account aided me a acceptable deal.
    I were a little bit acquainted of this your broadcast provided bright clear concept

  6. Normally I don’t read article on blogs, but I would like to say that this write-up very forced me to try and do it! Your writing style has been surprised me. Thanks, quite nice article.

  7. Some really great blog posts on this website , thankyou for contribution.

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00