Festival Foto Surabaya: The Biggest Photography Appreciation

Festival Foto Surabaya

_BY_0296

Tahun ini Festival Foto Surabaya (FFS) mengadakan sequel ke-2 pameran sekaligus apresiasi artefak fotografi terbesar di Indonesia. Mengusung tema “Work, Creative, Future” (Kerja, Kreatif, Masa Depan) dan tidak membatasi perangkat fotografi yang digunakan (handphone, kamera pocket, DSLR, dll), Festival Foto Surabaya benar-benar menginspirasi kita semua. So many beautiful images there, so many things we can learn there (bahkan jika Anda bukan seorang penyuka fotografi).

MEMBAWA INTERAKSI INTERNASIOAL DENGAN BAHASA FOTOGRAFI

Festival Foto Surabaya pertama mengajak fotografer se-Indonesia untuk mengumpulkan karya mereka untuk dikurasi oleh master fotografi, dicetak, dipamerkan, dibuatkan photobook, dan dipromosikan bersamaan dengan rangkaian acara lain seperti workshop dan kontes-kontes lain. Kali ini, FFS memperluas jaringan mereka sehingga fotografer internasional pun dapat mengirimkan karya mereka. Jika Anda sempat datang ke venue FFS Mei lalu, maka Anda pasti menyadari bahwa banyak juga karya-karya dari fotografer Perancis, Australia, maupun tetangga kita Singapura.

8U6A7112

Yang membuat Festival Foto Surabaya begitu unik dengan misi internasionalnya kali ini adalah: feeling down to earth atau kehangatan yang kita rasakan saat melihat foto-foto yang ada di sana. Entah bagaimana caranya, di tengah foto-foto yang menggunakan perlengkapan studio kita masih bisa merasakan foto-foto mengagumkan tentang masyarakat dan lingkungan a la jurnalistik. Semua ini mungkin karena tema karya yang diatur sedemikian rupa (Jurnalistik, General Pictorial dengan pedekatan keindahan, B/W Potrait, Digital Imaging yang imajinatif, dan Street Photo), penataan gallery, dan konsep acara yang memang mengutamakan kesan kekeluargaan.

MENYERBU DAN MENYULAP MALL MENJADI GALLERY FOTO BERTINGKAT

Ciputra World Surabaya, dari lantai paling bawah hingga lantai atas yang identik dengan foodcourt, mata kita seolah-olah dimanjakan dengan keindahan dunia yang ditangkap oleh kedipan-kedipan lensa. Saya pribadi, belum pernah merasa terinspirasi ketika berjalan mengelilingi mall, hingga diadakannya Festival Foto Surabaya 2015 ini.

_BY_0278

_BY_0300

8U6A0290

WORKSHOP DENGAN FOTOGRAFER-FOTOGRAFER INSPIRATIF

Dengan satu regu pemateri seperti Jerry Aurum,Yannick Cormier, Nicoline Patricia Malina, dan fotografer inspiratif lain yang bersedia berbagi pengalaman di FFS ini, sudah tidak perlu diragukan lagi mengenai berapa banyak yang bisa kita pelajari hanya dengan mampir ke Ciputra World Surabaya.

Trik keren penggunaan flash, pendekatan khusus untuk fotografi spesifik seperti fashion, mindset yang dibutuhkan fotografer, bahkan hingga book launching, workshop-workshop yang diadakan FFS terbilang cukup advanced tapi juga berhasil disampaikan  dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Festival Foto Surabaya

Festival Foto Surabaya

Festival Foto Surabaya

PLAZAKAMERA + FESTIVAL FOTO SURABAYA

PlazaKamera juga bangga dapat membantu dan support acara apresiasi terbesar di Indonesia ini. Bukan karena acara ini ramai, melainkan karena kami ingin berpartisipasi dengan para linchpin, mereka yang tak tergantikan, pentolan-pentolan di balik semua ini. Percayalah, memulai sesuatu seperti ini dibutuhkan dedikasi tinggi dan kecintaan yang begitu dalam terhadap fotografi.

Festival Foto Surabaya tidak dibuat oleh Event Organizer yang mengejar profit semata. Kami semua melihat bahwa mereka semua yang ada di balik FFS ini adalah relawan-relawan yang mencintai fotografi. Dan jika Anda datang ke acara saat itu, Anda pasti merasakan atmosfer kekeluargaan yang begitu kental.

Oleh karena itu PlazaKamera bersama Festival Foto Surabaya mencoba mengadakan acara untuk meramaikan FFS bahkan 2 bulan sebelum FFS dimulai melalui sosial media, dan itu adalah Intagram Contest. Diadakan tiap 2 minggu, satu tema satu waktu, 3 pemenang, berhasil membuat ramai akun Instagram Festival Foto Surabaya dari 0 followers menjadi hampir 1000 follower hanya dalam 1 bulan lebih. Yang menarik adalah foto-foto di Instagram ini juga tidak kalah dengan foto-foto yang akan dipamerkan di Ciputra World. Bahkan, di tema terakhir “#emotionoflove” pemenang IG Contest tidak ada yang berasal dari Surabaya.

8U6A0589

Bukan hanya tim PlazaKamera yang senang bisa support Festival Foto Surabaya 2015, bahkan GoPro dan tongsis 3 meter Powerbee kami juga senang karena dipakai selfie oleh Ibu Risma (Walikota Surabaya).

8U6A7202

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *