DJI Release DJI Phantom 4 Advanced, Apa Saja Fiturnya?

Phantom 4 Advanced

DJI Release DJI Phantom 4 Advanced, Apa Saja Fiturnya?

Cek Harga DJI Phantom 4 Advanced Murah. Cek Fitur DJI Phantom 4 Advanced di Plazakamera, Toko Drone Surabaya & Jakarta

Penggemar drone tampaknya belum akan selesai dibikin ngiler oleh DJI. Meski terbilang baru saja merilis Phantom 4 Pro, mereka sudah menggoda lagi dengan yang terbaru yaitu DJI Phantom 4 Advanced.

Dengan embel-embel “advanced”, apalagi hadir setelah Pro, apa sih hal baru yang ditawarkannya untuk memuaskan penggemar drone?

 

Dalam press release, DJI “berani” menyebut model terbaru dari seri 4 itu sebagai “pengalaman baru bagi kreator menerbangkan kamera yang ideal untuk memperluas kreatifitas”. Bisa dibilang

itu bukan sekedar pemanis di bibir saja karena DJI memang menghadirkan sejumlah pembaruan yang bisa membuat anda semakin leluasa berkreasi.

 

Bodi Phantom 4 Advanced

Untuk urusan body, Phantom 4 Advanced sedikit lebih besar dibanding Phantom 4 Pro. Secara desain masih khas besutan DJI yang serupa seri Phantom lainnya.

Meski lebih bongsor namun jagoan baru DJI ini bisa terbang hingga 72 km/jam.

Cek Harga DJI Phantom 4 Advanced Murah. Cek Fitur DJI Phantom 4 Advanced di Plazakamera, Toko Drone Surabaya & Jakarta

DJI membuat bodi Phantom 4 Advance ini menggunakan campuran titanium dan magnesium untuk menambah kekokohan dan mengurangi berat sehingga lebih ringan dibanding Phantom 4.

Cek Harga DJI Phantom 4 Advanced Murah. Cek Fitur DJI Phantom 4 Advanced di Plazakamera, Toko Drone Surabaya & Jakarta

Kamera 20MP

 Salah satu yang jadi highlight jagoan baru DJI ini adalah kamera.

Sama seperti Pro, on board camera di Phantom 4 Advance ini “sudah” 1 inch dan memiliki sensor CMOS 20MP. Dengan shutter otomatis yang ditambahkan, bakal mengurangi distorsi efek “rolling shutter” yang biasa terjadi saat drone terbang ngebut atau obyek bidikannya bergerak cepat. Kualitasnya digadang-gadang seciamik hasil jepretan kamera tangan.

Kameranya pun mampu merekam video 4K H.264 dengan kecepatan 60 fps atau H.265 4K di kecepatan 30 fps. Bitrate-nya sama-sama 100 Mbps. Tak lupa, Burst Mode untuk foto still dengan kecepatan 14 fps juga disematkan.

Performa sensornya dan prosesor di dalamnya juga disebut tak akan mengecewakan untuk post-production yang membutuhkan image lebih detil.

Secara kualitas, kameranya masih mirip-mirip Phantom 4 Pro namun DJI pede memastikan Advance bisa menghasilkan image yang lebihdetil dan kualitas perekaman video lebih canggih.

 

5 Vision Sensor

Sistem Flight Autonomy yang terdiridari 5 sensor juga jadi andalan di Phantom 4 Advance, dual-band untuk positioning yaitu memakai GPS dan GLONASS berbasis satelit, ultrasonic rangefinders dan redundant sensors untuk membuat penerbangan tetap stabil.

Menariknya, Advance dibekali sistem untuk menghindari rintangan dalam radius 15 meter di depan. Jadi pilot drone bisa melihat sejauh 30 meter ke depan dengan sensor dual forward vision tersebut.

Tidak heran jika Phantom 4 Advance ini dapat melayang secara presisi di lokasi tanpa GPS maupun untuk terbang di lingkungan yang kompleks berkat adanya VPS (Vision Positiong System). Selain itu juga bisa melakukan pengereman otomatis, baik saat melayang atau memutar di depan rintangan berjarak 15 meter.

 

Fitur  

Masih sama dengan Phantom 4 Pro, seri baru ini juga dibenami sejumlah fitur pintar mode terbang otomatis untuk hasil yang lebih halus. Masih ada fitur kece lainnya lho! Sebut saja fitur Draw, ActiveTrack, TapFly, Gesture dan Return to Home.

  • Draw

Draw adalah teknologi terbaru dalam mengontrol. Anda cukup menggambar rutenya dan Phantom 4 Advanced akan terbang sesuai rute tersebut dengan mengunci altitude-nya. Dengan ini maka pilotnya bisa fokus mengontrol kamera dan membuat shot yang menarik.

Ada 2 mode yaitu drone terbang sesuai rute dengan kecepatan konstan, kameranya selalu menghadap ke depan. Sedangkan satunya terbang sesuai rute yang diinstruksikan namun kameranya bisa menyorot berbagai arah selama perjalanan.

  • ActiveTrack

Teknologi ini membuat Phantom 4 Advance lebih mengenali lebih cepat obyek yang bergerak seperti manusia, binatang hingga kendaraan lalu menguncinya di frame. Setelah itu sistemnya akan membuat drone terbang mengikuti obyek dengan mulus dan halus.

  • TapFly

Fitur ini memudahkan pilot drone untuk mengendalikan penerbangan hanya dengan tap simpel di layar. Tap satu kali lagi untuk menggunakan control stick guna mengubah arah. TapFly memudahkan untuk menetukan arah, memutar drone hingga memiringkan gimbalo tanpa mengubah arah penerbangan yang sedang berlangsung.

  • Gesture

Gesture ini sama dengan yang di smartphone. Anda bisa mengambil selfie hanya dengan beberapa gerakan tangan yang simpel, tanpa perlu remote control. Setelah anda menggerakkan tangan ke kamera, sistemnya mulai menghitung mundur 3 detik untuk menjepret.

Cek Harga DJI Phantom 4 Advanced Murah. Cek Fitur DJI Phantom 4 Advanced di Plazakamera, Toko Drone Surabaya & Jakarta

  • Return to Home

Mode RTH ini tentunya tak dilupakan DJI dan semakin canggih. Phantom 4 Advanced bisa secara otomatis memilih rute terbaik untuk pulang berdasarkan kondisi lingkungan yang ada. Ia menyimpan rute saat berangkat dan akan menggunakannya untuk pulang jika sinyal buruk atau putus.

Tak hanya itu, ia akan menyesuaikan diri untuk menghindari rintangan yang terlihat selama penerbangan berdasarkan altitude sebelum sinyal hilang. Jadi anda tak perlu cemas saat sinyal buruk.

Secara otomatis ia akan membandingkan datanya sekaligus mendeteksi permukaan tanah untuk landing yang lebih presisi. Jika kondisinya tidak bagus maka akan mengirimkan peringatan ke pilot sementara ia terbang melayang di jarak aman.

 

Remote Control

Seperti drone pada umumnya, Phantom 4 Advance tetap dioperasikan dengan remote control. Anda bisa memilih dua versi remote yaitu yang sudahdilengkapi layar built-in atau yang basic.

Jika memilih basic maka tanpa layar sehingga anda bisa menggunakan smartphone atau tablet. Sedangkan yang dilengkapi display (disebut versi Phantom 4 Advanced+) dengan bentang layar 5.5″ dan kualitas display 1080p.

Layar tersebut menggunakan OS Android dengan RAM 4GB. Kecerahannya diklaim dua kali lipat smart device biasa.

Selain itu, remote juga memiliki HDMI port, Micro-SD card slot, mikrofon dan tambahan loudspeaker.

Sedangkan kapasitas baterai remote control tersebut 6.000 mAh. Namun remote hanya bisa digunakan di frekuensi 2.400 GHz-2.483 GHz yang berbeda dengan Phantom 4 Pro.

 

Baterai

Kapasitas baterai Phantom 4 Advanced 5.870 mAh yang mampu untuk terbang secara terus menerus selama 30 menit. Total laama pengisian baterai, drone dan remote di awal pertama kali pakai adalah sekitar 7 jam. Dan Advance sudah dilengkapi sistem untuk mencegah baterai over charging sekaligus over draining. Baterai akan memutus aliran listrik sendiri saat sudah penuh agar tidak cepat rusak.

DJI menyematkan GO 4 apps yang lebih canggih di sini. Aplikasi pintar itu akan menunjukkan kapasitas baterai dan menghitung cukup atau tidak untuk rute penerbangan yang anda pilih. DJI GO 4 juga memungkinkan anda mengontrol kamera secara manual seluruhnya. Pengecekan terhadap data-data vital penerbangan juga jadi lebih mudah.

 

Kapasitas Memori

Selain fitur yang semakin canggih, tentunya DJI menyematkan penunjang yang memadai. Anda diberi space lebih longgar dengan microSD card berkapasitas 128GB .

 

Compability

Phantom 4 Advanced kompatibel dengan sistem operasi iOS 9.0 ke atas dan Android 4.4.0 ke atas.

Serunya lagi, Phantom 4 Advance bisa live di platform jejaring sosial. Jadi anda bisa menyiarkan secara live di YouTube atau Facebook dan mendapatkan feedback langsung dari audience!

Setelah sederet fitur kece dan keunggulan pembaruan yang ditawarkan DJI, tentunya juga ada beberapa kekurangan dibandingkan dengan Phantom 4 Pro. Apa saja itu?

 

Kekurangan Phantom 4 Advance

  • Absennya dua sensor infrared untuk menghindari rintangan di belakang dan samping
  • Remote control tidak support frekuensi 5.8 GHz dan Tapfly Backward dihapus.
  • Remote control P4A tidak kompatibel dengan seri Phantom 4 lainnya
  • Baling-baling kadang ikut terekam saat terbang (terutama saat memakai mode sport)
  • Kamera tidak dapat diganti

Sedangkan Phantom 4 Advanced dan Advanced+ sendiri akan mulai tersedia 30 April di pasaran. Jika anda ingin memilikinya, siap-siap merogoh kocek sekitar USD 1300-an dan USD 1600-an. Tak heran jika banyak review menyebutkan Phantom 4 Advanced ini adalah versi murah Phantom 4 Pro. Drone ini menjadi jawaban tepat untuk filmmaker atau fotografer low budget.

Namun perilisan Phantom 4 Advance ini dibarengi kabar sedih. DJI mengumumkan resmi menghentikan produksi Phantom 4. Drone “perintis” ini terakhir dijual pada 30 April 2017 (dari DJI ke retail) dan tidak akan diproduksi lagi.

Check our list of drones!

 

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *