DJI Mavic VS DJI Phantom 4

Dengan rilisnya DJI Mavic, langsung menuai banyak pertanyaan “lebih hebat mana, DJI Mavic dengan DJI Phantom 4?”. Banyak yang bilang bahwa DJI Mavic adalah drone yang cukup keren bahkan lebih keren dari DJI Phantom 4. Masa sih?

1475374139-dji-mavic-pro-vs-versus-dji-phantom-4-drone-quadcopter

How They Handle the Wind

Let’s face it. Mavic memang jauh lebih kecil dari pada Phantom 4, dan banyak yang meragukan ketahanannya terhadap angin kencang, pertanyaanya: apa bener gitu?

MyFirstDrone sempat mencoba meniupkan angin kencang dari blower ke kedua drone tadi (Mavic Pro & DJI Phantom 4). Hasilnya, ternyata justru body yang lebih kecil mampu mengurangi wind resistance sehingga tidak mudah ikut terdorong. Yah, jadi, handling the wind, we think Mavic Pro is better. 

 

Video Quality

maxresdefault

Mavic Pro mempunyai ukuran sensor kamera yang sama dengan Phantom 4, yaitu 1/2.3″ (CMOS), namun memiliki field of view yang jauh lebih sempit sehingga jika di-crop hasil foto/video-nya tidak selebar DJI Phantom 4.

Kualitas gambar pada Mavic sudah sangat bagus dan dilengkapi dengan “Tap to Focus” dimana kita bisa memilih mesti fokus kemana kameranya. Itu artinya, anda harus menyentuh bagian mana pada gambar yang ingin difokuskan pada di DJI Go App. Having a fixed focus is good and bad. It’s good kalau anda bisa fokus lebih dekat pada subyek dan untuk background akan terlihat fokus seperti kamera DSLR dan gambar yang anda ambil akan lebih tajam. Nah, the only bad part is, anda harus selalu melakukan hal itu, atau gambar yang anda ambil akan blur.

Sedangkan seri Phantom, semuanya masih menggunakan fixed focus dengan titik focus infinity dimana semua object cederung tajam semua, dan nggak bisa main blur.

Untuk low-light pada Mavic cukup okay, begitupun Phantom 4. Kedua drone ini memiliki ISO sampai 3200 meskipun ada perbedaan warna pada hasil video. Better lihat video ini untuk lebih dalamnya ya!

 

The Controllers

mavic-7-1024x683

dji-phantom-3-pro-controller-1-630

Meskipun ukurannya yang kecil, controller Mavic benar-benar pas di tangan kita. Sebenarnya the feel of the Phantom 4 remote cukup keren karena seperti controller RC tradisional. Tapi, controller untuk Mavic juga lebih keren. Kedua controler dari drone ini sama-sama memiliki tombol dasar yang sama. Namun, Mavic punya smart mode untuk tombol stop jika Mavic akan mengalami sesuatu yang kita tidak bisa lihat.

Nah, inilah kenapa controller Mavic lebih keren dari Phantom 4. Controller Mavic punya layar LCD untuk info dasar penerbangan, bisa juga di charge menggunakan micro USB, memiliki koneksi yang lebih handal untuk Mavic, dan controller yang super kecil. Satu-satunya hal buruk tentang Mavic adalah… Tidak ada mounting untuk tablet dan tidak ada sun hood yang tersedia.

 

The Little Things

phantom-4-accessories-to-buy-1000x640

Saat ini, Mavic memang sangat baru, jadi hal-hal seperti filter ND dan prop guards akan keluar dalam waktu dekat juga. Phantom 4 memang bukan hal yang baru, jadi ada banyak aksesoris third party yang tersedia untuk melengkapi keperluan anda. Satu hal yang anda nggak perlu khawatir tentang Mavic, yaitu, Mavic sangat kecil dan anda bisa menyimpannya dimana dan kapan saja anda pergi.

Kebanyakan orang nggak akan peduli tentang Phantom 4 yang punya motor yang lebih besar dan baling-baling besar, sehingga anda bisa menerima tanda-tanda, mengirim paket, dan lain-lain. Di sisi lain, karena DJI Phantom 4 besar dan berwarna putih, so seeing it when flying line of sight in dark conditions is easier, right?

Which One You Should Buy

Anda ada rencana punya smartphone bagus? Butuh remote hood kah? Suka ngerekam video sambil terbang ke depan? Lebih prefer yang portable? Harga penting banget nggak? Nah! Pertanyaan-pertanyaan inilah yang harus anda pikirkan sendiri.

Anyway, untuk RAW file kami tetap menyarankan Phantom 4 sih karena memberikan video dengan warna sebenarnya sementara dari sisi portable, DJI Mavic Pro belum ada yang ngalahin :)

GET DJI PHANTOM 4 (NEW PRICE)

GET DJI MAVIC PRO

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *