Cara Timelapse Kreatif Menggunakan Osmo Pocket

Fitur Timelapse memang sudah ada di dalam kamera plus stabilizer mungil keluaran DJI ini, Osmo Pocket. Bahkan ini adalah salah satu fitur yang paling ditonjolkan DJI dalam me-“marketing”-kan alat kece ini.

That’s why, kalau kita nggak pernah nyoba atau nggak memaksimalkan potensi timelapse pada Osmo Pocket ini. jadi amat sayang banget gaes! Padahal bisa follower IG atau subscriber Youtube langsung auto nambah, haha..

Timelapse Kreatif A la DJI Osmo Pocket

Belajar nge-shoot timelapse dengan Osmo Pocket nggak susah kok, cuman butuh sedikit waktu aja buat belajar dikit-dikit dan buat siap-siap dibikin terkesima sama timelapse-nya.

Osmo Pocket support Timelapse dan Motionlapse. Kamu bisa nge-setup Osmo Pocket di tempat yang cukup aman, nggak gampang jatuh, tapi yang juga bisa dapet angle cukup untuk ngedapetin gerakan orang-orang atau bahkan gerakan matahari dan bulan. Kamu juga bisa ngerekam timelapse sambil gerak dan nge-rotate si kamera, yang seolah-seolah waktu bener-bener berjalan cepet di sekeliling sementara kita jalan leha-leha.

Ok, terus ada cara lain  nggak supaya timelapse kita kelihatan lebih keren lagi? Sabar tonton dulu basicnya di bawah ini:

Cara 1: Efek transisi waktu

Waktu adalah elemen vital dalam fotografi, begitu juga di timelapse. Timing yang tepat bisa mempengaruhi secara signifikan hasil timelapse kita nantinya. Lalu bagaimana kalau waktu adalah objek yang kita rekam?

Yes, timelapse perpindahan dari pagi ke siang, lanjut ke sore, dan akhirnya ke malam adalah sesuatu yang mungkin sering dilakukan, tapi tetap selalu jadi sesuatu yang kece. Untuk mendapatkan timelapse model gini, kamu harus merekam dari mulai pagi sampai sore. Kendala biasanya di baterai kalau enggak malah kitanya yang nggak ada waktu.

Nah, kalau kamu punya waktu yang terbatas, ada baiknya kamu menandai lokasi kamu pasang Osmo Pocket dan sekaligus angle-nya menghadap kemana. Dengan gitu bisa rekam pas matahari pindah dari pagi ke siang, berhenti, dan kemudian lanjut lagi di sore ke malam. Baru kemudian dua file timelapse tadi digabung waktu editing. *sedikit tips: waktu editing bisa di-play secara reverse jadi dari malam ke sore, siang, dan pagi gaes!

Pastikan objek-objek yang ada di frame (terutama gedung dan objek besar lainnya) nggak tiba-tiba pindah waktu jeda nggak ngerekam ya.

 

Cara 2: Kamera juga bisa makan loh!

Asyik kan kalau kita punya video timelapse yang seolah-olah kamera kita lagi makan sesuatu gitu?

Ini adalah ilusi kamera dimana makanan yang ada di depannya seolah-olah digigit perlahan-perlahan. Ilusi ini kece, tapi gampang banget bikinnya.

Pertama kalau pakai Osmo Pocket, taruh dulu di atas meja, kemudian nyalakan mode timelapse. Disarankan intervalnya cuma 3 detikan aja.

Kemudian jauhkan dan dekatkan makanan di depan kamera setiap 3 detik.

Selanjutnya, ketika makanan ada persis di depan kamera, cepat-cepat gigit sebagian, dan jauhkan lagi makanan yang abis digigit tadi, dan lanjutkan timelapse.

Setelah selesai, hapus foto-foto yang agak nggak beres (nggak fokus, nggak pas, dll) baru kemudian edit dan jadilah timelapse unik ini.

 

Cara 3: Teleport

Bahkan barang “remeh” yang ada di kehidupan sehari-hari kayak jam dinding bisa menciptakan efek teleportasi loh! Nggak percaya? Coba rekam timelapse dimana fokus ke jam dinding yang diletakkan, kemudian seiring dengan kamu memutar Osmo Pocket-mu, pindahlah ke tempat lain dan lakukan hal yang sama. Terus gabungin deh dua rekaman timelapse tadi.

Sangat penting untuk transisi dilakukan waktu kamera kita rotasi sehingga lebih kelihatan smooth. Kreatif kan?

 

Cara 4: Lihat secara terbalik

Punya bola kaca? Yang biasanya buat ramal-ramalan itu loh… Coba rekam timelapse di depan bola kaca tadi dan nanti edit videomu dengan me-rotate 180′. Hasilnya? Ciamik…

Coba letakkan bola kaca di depan objek background yang mau kamu rekam, kemudian letakkan Osmo Pocket di depannya. Pastikan jarak Osmo Pocket dengan bola kaca cukup agar bola kacanya nanti bisa kelihatan cukup gedhe di frame.

 

Cara 5: Apalagi kalau bukan Hyperlapse

Selain timelapse dan motionlapse, kamu juga bisa menggunakan mode Hyperlapse di Osmo Pocket untuk hasil video yang lebih cetaar. Pada mode ini Osmo Pocket akan menangkap video timelapse meskipun kita bergerak, berjalan, berlari bebas, dan hasil timelapsenya pun masih akan stabil.

Nah, untuk menghasilkan hyperlapse seperti di atas, membutuhkan gabungan dua feature di Osmo Pocket yaitu Activetrack dan Hyperlapse. Jadi saat menggunakan mode Hyperlapse, aktifkan juga fitur Activetrack, tandai objek yang ingin ditrack, kemudian mulai rekam deh! Jangan lupa nanti cepetin ya videonya waktu di editing, biar hasilnya lebih dramatis.

Banyak banget kan cara bikin timelapse kreatif pakai Osmo Pocket. Gimana? Udah siap coba? Langsung aja keluarin Osmo Pocket-mu dan coba bareng-bareng sama temen asyik juga tuh!

Related Post

One thought on “Cara Timelapse Kreatif Menggunakan Osmo Pocket”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *