Shopping Cart

Cara Membersihkan Kamera yang Baik dan Benar

Kamera merupakan sebuah perangkat yang dapat merekam dan mengambil gambar serta tersimpan secara langsung. Ada banyak jenis kamera yaitu Mirrorrless, DSLR, Action Cam dan lainnya. Namun sebagus apapu kamera anda jika perawatannya sembarangan dan ada debu yang menempel di sensor kamera maka gambar yang dihasilkan tidak akan maksimal. Tidak hanya pakaian, kamera juga perlu rutin dibersihkan. Untuk membersihkan kamera anda harus hati-hati dan juga teliti agar tidak merusak sensor dari kamera tersebut. Maka dari itu penting mengetahui Tips membersihkan kamera yang baik dan benar. Berikut ini ada beberapa Tips untuk membersihkan kamera yang baik dan benar:

  • Siapkan Peralatan pembersih kamera
  • Perhatikan Partikel – partikel Kecil
  • Menggunakan UV Filter
  • Lakukan dengan hati – hati
Baca juga :   Bermain-main dengan Filter CPL, untuk Bikin Foto Apa Saja, Ya?

 

  1. Siapkan peralatan pembersih kamera

Sebelum membersihkan kamera yang perlu anda siapkan adalah alat pembersih untuk kamera seperti cleaning kit, cleaning kit merupakan peralatan yang wajib dimiliki oleh fotografer, cleaning kit biasanya berisi Lenspen, Lens Cloth dan Blower yang berfungsi untuk membersihkan debu, serta berfungsi menghilangkan finger print dan noda air yang mengering pada lensa dan filter. Dan berikut masing-masing fungsi dari cleaning kit:

Cara-Membersihkan-Kamera-yang-Baik-dan-Benar-1

  • Lenspen : lenspen berfungsi sebagai sapu pembersih untuk menghilangkan debu – debu yang menempel di lensa maupun pada body kamera. Uung satu lagi berfungsi menyerap bercak – bercak kotoran yang mengering pada lensa.
  • Blower : blower digunakan untuk membersihkan partikel debu dan kotoran yang ada dipermukaan lensa, cara menggunakannya cukup mudah anda hanya perlu memompa dengan satu tangan hingga bersih.
  • Lens Cloth : berfungsi untuk membersihkan lensa, karena berbahan halus dan tidak membuat layar lecet.
Baca juga :   13 Kesalahan Memotret Ini Pasti Pernah Kamu Alami

Selain cleaning kit anda juga memerlukan cairan pembersih lensa, yang perlu diingat jangan menyemprot cairan langsung ke permukaan lensa, anda dapat menyemprotkan dulu ke tisu atau lembaran kain, lalu anda dapat mengusap permukaan lena dengan kain hngga bersih.

 

  1. Perhatikan Partikel – partikel Kecil

Ketika membuka sensor kamera, anda perlu memperhatikan dengan detail di dalam lensa kamera, apakah ada partikel – partikel kecil yang menempel. Anda dapat menggunakan blower untuk membersihkannya. Jika partikel – partikel kecil tidak bisa hilang anda dapat menggunakan metode wet cleaning.

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 17:00