Cameras Available on The Market (Right Now): DSLR, Mirrorless, Action Cam.

Ingin meningkatkan dan mengembangkan kreativitas fotografi anda, harus tahu dong apa saja jenis-jenis kamera yang saat ini sedang happening banget? Yang sering dipakai orang-orang di luaran sana. Yup! Ada DSLR, Mirrorless dan Action Camera. What’s the differences about them all? Let’s check’em out!

 

Kamera DSLR

Kamera-DSLR-pemula

Banyak yang bilang kalau orang pake kamera DSLR, tingkat kekerenannya meningkat 70%. Ah masa iya? DSLR memang kamera digital favorit sih. Penggunanya juga banyak, rata-rata fotografer, videografer, wartawan, dan juga anak-anak muda yang ingin mengabadikan momen dengan pencahayaan yang bagus.

Banyak anggapan kalau pakai kamera DSLR itu akan kelihatan keren, elegan, bergengsi. Haha! Silahkan anda mau beranggapan seperti apa. Tapi untuk profesional, DSLR memang sangat menjanjikan. Begitu juga untuk anda yang ingin membuat movie, kualitas video akan sangat bagus memang. Jadi, apa sih sebenarnya kamera DSLR itu?

be0967a3-620x413

DSLR adalah singkatan dari Digital Single Lens Reflex.

Digital artinya kamera tersebut mengambil gambar secara digital, bukan memakai film.

Single Lens artinya memakai lensa tunggal (single) untuk melihat dan mengambil gambar. Kamera tipe lain adalah Twin Lens Reflex (TLR), yang memungkinkan untuk melihat melalui lensa sebelah atas dan mengambil gambar melalui lensa kedua, yang terletak di bagian bawah.

Reflex artinya kamera memantulkan gambar (image) dari sebuah cermin, lalu ke cermin atau prisma kedua. Hal ini memungkinkan anda melihat objek yang diambil melalui lensa yang digunakan untuk mengambil gambar, artinya apa yang anda lihat adalah sama dengan image yang diambil oleh kamera.

eiffel-tower-paris-camera-hd-wallpaper

Kenapa banyak orang menggunakan DSLR?

DSLR punya sensor yang bagus dan besar agar image quality atau kualitas gambarnya juga bagus. Untuk perbandingannya, coba anda lakukan pembanding antara hasil dari DSLR dan kamera HP yang memiliki MEGAPIXEL yang sama, baik pembanding secara digital maupun hasil cetak.

DSLR juga lebih flexibel dalam pemilihan jenis lensa (ada macam-macam lensa yang tersedia untuk DSLR). Selain itu, DSLR lebih nyaman dipegang walaupun agak berat, tapi teknisi pembuat kamera telah memperhitungkan secara matang penggunaan DSLR tersebut, jadi jangan mengeluh soal beratnya kamera DSLR ya! :)

 

Kamera Mirrorless

kamera-mirrorless

Banyak juga orang yang sekarang menggunakan mirrorless. Fashion blogger, food blogger, fotografer konser musik, sampai muda-mudi saat ini yang lagi gemar-gemarnya selfie atau wefie demi ke-eksis-an. Hehe! Mirrorless memang cenderung easy to bring, easy to use, affordable price, enough quality. Terutama untuk share di Instagram atau blogging.

Kamera mirrorless sebenarnya hampir mirip dengan kamera DSLR, namun pembedanya adalah DSLR memiliki kaca yang tertanam di body, yang fungsinya memantulkan cahaya untuk menembak image sensor. Nah, karena mirrorless nggak ada kacanya, maka body kameranya lebih kecil dan lebih ringan dari DSLR.

canonrangefinder_mini

Untuk hasil, nggak perlu ragu lagi. Fotografer profesioal sekelas Arbain Rambey dan Darwis Triadi sudah mengakui kalau kamera jenis ini bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang sangat keren.

Tapi, kelemahan dari mirrorless adalah lelet dan lemah saat memotret benda bergerak, selain itu baterai mirrorless nggak tahan lama. Untuk memotret sekitar 400 frame, baterai mirrorless sudah habis, beda dengan DSLR yang masih mampu memotret ribuan frame, baterai masih OK.

Jadi di antara DSLR sama mirrorless, anda pasti bisa ya memilih mana yang anda butuhkan? :p

 

Action Camera

goProYicomp2

Belakangan ini action camera memang lagi ramai dipergunakan, apalagi sekarang semakin banyak alternatif dan variasi produk. Banyak juga macam merk dengan kisaran harga di bawah satu juta hingga enam juta lebih tersedia.

Action Camera atau Kamera Aksi adalah perangkat kamera yang dirancang compact dan kokoh dengan tombol dan fungsi yang simpel untuk mengabadikan berbagai momen. Action Camera sangat beda dengan kamera konvesional yang dioperasikan menggunakan tangan.

Action Camera bisa dibilang kamera “point to view“, kenapa? Karena sebagian besar action camera dipakai di tubuh misalnya di dada, lengan, kepala bahkan di kap mobil, di atas helm, di handlebar motor cross dan tempat lainnya. Dari sinilah sudut pandang orang pertama atau POV (point to view) muncul. Nah, kenapa sih action camera ini eksis banget, banyak yang pakai?

extremesports

Action camera sangat disukai karena ukurannya kecil, ringan, tahan banting dan tahan air (berkat housing pelindung yang cukup kuat). Selain dari bentuk dan ukuran, rata-rata action camera memiliki fitur yang cukup mumpuni. Jika kita melihat hasil foto-foto atau video action yang tersebar di Internet, hasil sebagus itu bisa dihasilkan dari sebuah kamera yang ukurannya lebih kecil dari genggaman kita.

Semua kamera yang kami bahas disini available lho di sini. Apa anda masih ingin tahu lebih banyak soal DSLR, Mirrorless dan Action Camera? Tenang, kami sedang menyiapkan artikel yang lebih mendalam tentang kamera-kamera yang sedang eksis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *