Berburu Gerhana Bulan Total Dengan GoPro

Ya, tepat dua pekan setelah Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016, sebuah peristiwa gerhana akan terjadi lagi. Kali ini Gerhana Bulan Penumbra, yang akan terjadi pada fase Bulan Purnama pada 23 Maret 2016.

Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika Matahari-Bumi-Bulan terletak pada satu garis lurus di bidang Tata Surya sehingga bayangan Bumi menutupi sebagian atau keseluruhan Bulan. Proses terjadinya Gerhana Bulan dari adalah saat Bumi berada di antara Matahari dan Bulan pada satu garis yang sama. Akibatnya, sinar Matahari tidak sampai ke Bulan karena terhalang oleh Bumi.

gerhana_bulan

Lain halnya dengan Gerhana Matahari yang berbahaya dilihat oleh mata karena silau, Gerhana Bulan justru harus diamati dengan mata. Namun sayangnya, Gerhana Bulan Penumbra ini tidak begitu terlihat dengan kasat mata. Dan mungkin tidak akan terasa sedang terjadi gerhana Bulan, mengapa demikian?

Gerana Bulan Penumbra terjadi pada saat seluruh atau sebagian permukaan Bulan masuk pada bagian bayangan penumbra Bumi. Adapun penumbra adalah bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap (tidak tembus pandang) pada Bulan.

Artinya, ketika Gerhana Bulan Penumbra 23 Maret 2016 terjadi, Bulan melintasi wilayah bayangan Bumi yang masih terdapat cahaya atau daerah bayangan kabur Bumi. Bulan masih dapat terlihat dengan mata telanjang maupun kamera dan teleskop, tapi dengan cahaya yang sedikit redup.

// Jam Berapa dan Di Mana Bisa Melihatnya?//

Gerhana Bulan Penumbra 23 Maret 2016 dapat diamati di seluruh Indonesia. Namun, untuk Indonesia Barat dan Tengah, Bulan sudah dalam kondisi gerhana saat terbit di ufuk Timur. Hanya Indonesia bagian Timur yang bisa melihat proses gerhana dari awal hingga akhir.

Selain Indonesia, wilayah-wilayah lain yang bisa melihat Gerhana Bulan Penumbra ini cukup banyak dan cakupannya luas, berikut infografisnya:

lunar_201603 (1)

Gerhana Bulan Penumbra berlangsung selama 4 jam, 15 menit, 22 detik. Kontak awal gerhana mulai pukul 16:39:31 WIB, puncak gerhana pukul 18:47:14 WIB dan gerhana berakhir pada pukul 20:54:53 WIB.

gerhana-bulan

// Bagaimana caranya menangkap moment Gerhana Bulan //

Pada Gerhana Bulan Penumbra 23 Maret 2016, 77% dari wajah Bulan Purnama akan terhalang bayangan penumbra Bumi pada saat puncak gerhana.

Gerhana Bulan Penumbra tidak akan terlalu terlihat dengan kasat mata, Anda butuh teleskop untuk melihat perubahan redupnya Bulan akibat memasuki bayangan penumbra Bumi, atau menggunakan fitur timelapse video dengan Gopro untuk mengabadikan sepanjang momen.

Ada beberapa persiapan yang anda butuhkan untuk bisa mengabadikan momen gerhana bulan total pada tahun ini, berikut yang bisa anda persiapkan

Hero-4-BASE_Camera_Front-Rotated_large

A. Peralatan Penting

1. Gopro Hero 4 Silver or Black
https://www.plazakamera.com/product-category/gopro/camera/

2. 3-Way Original build in tripod, Or Tripod camera
https://www.plazakamera.com/shop/gopro-3-way-3-in-1-mount-afaem-001/

3. Tripod mount atau jika diperlukan gunakan adhesive mount
https://www.plazakamera.com/shop/gopro-flat-and-curved-adhesive-mounts/

4. ( paling penting ) Baterei Backpack
https://www.plazakamera.com/shop/gopro-battery-bacpac-v-304/

5. ( disarankan ) Gopole SceneLapse
https://www.plazakamera.com/shop/gopole-scenelapse-360-time-lapse-device/

dalmCara-Setting-Video-Time-Lapse-di-GoPro-Hero-4-2

B. Cara Timelapse-video GOPRO

icon menu
Berikut ini panduan yang dapat Anda ikuti untuk setting video time lapse di GoPro HERO

1. Nyalakan kamera gopro kamera menyala, lakukan scrolling dengan tombol power hingga menu “MULTI-SHOT”
2. atur pada setting mode nightlapse
3. pilih mode interval continous
4. aktifkan mode protune : ON
5. pilih ISO paling terbesar : ISO 800
6. ubah colorbalance menjadi 3000K
7. atur shutter-speed ke 30 seconds
8. untuk ukuran gambar disarankan pilih yang 12 megapixel
9. matikan fungsi Spotmeter
10. untuk soal ketajaman, pilih medium

Kini dengan menekan tombol shutter maka kamera akan mulai merekam video secara time lapse menurut pengaturan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sebelum Anda memulai pastikan baterai dalam keadaan cukup dan kamera diletakkan pada tempat yang solid sehingga tidak mudah terguncang.

timelapse menu

( Ini adalah contoh dari timelapse video dengan menggunakan GoPro Hero )

C. SYARAT DAN KONDISI PALING PENTING

Setelah semua persiapan telah matang ada yang anda harus mengerti yaitu LOKASI, Yaaapp Lokasi :) .. lokasi tempat anda berburu dapat menentukan posisi terbaik dalam hasil timelapse video anda, merencanakan berkemah dengan teman-teman tentunya akan jadi ide bagus loh

1. Hindari polusi atau kebocoran cahaya, carilah lokasi motret Gerhana Bulan dengan mengunjungi ke daerah pegunungan yang jauh dari polusi lampu-lampu kota, karena cahaya lampu membuat kondisi langit tidak sempurna

2. Hindari awan dan mendung, karena awan dan mendung dapat  menghalangi Gerhana Bulan

3. Cari foreground yang bagus, agar Timelapse-Video Gerhana Bulan Total anda lebih terlihat dramatis, misal celah perbukitan, atau lereng-lereng tebing.

4. Tenda dan Snack.. anda akan membutuhkan snack dan tenda untuk menghabiskan waktu dan membunuh kebosanan tentunya hehehe :p

Jangan lupa share video yuk ke akun facebook kita yak.. daaaan Selamat mencoba !

Hermawan Tri Zuhdi -Diorama-

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *