Shopping Cart
Bedanya-Kamera-Full-Frame-dengan-APS-C-Cover

Bedanya Kamera Full Frame dengan APS-C

Apakah anda tertarik dengan fotografi? Jika iya, kemungkinan besar anda akan menentukan kamera apa yang cocok untuk anda, ada begitu banyak jenis kamera diluaran sana, belum lagi ada pilihan mirrorless dan DSLR.  Selain itu, kuran sonsor di kamera juga menjadi salah satu faktor yang layak anda peritungkan. Ukuran sensor dari sebuah kamera akan menentukan hasil foto, pilihannya kamera dengan sensor APS-C atau Full-frame. Antara kamera full-frame vs APS-C terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Berikut beberapa perbedaan kamera full-frame dan kamera APS-C.

Bisa jadi anda sudah mengetahui perbedaan atar keduanya. Namun, tidak ada salahnya bukan jika kita mengenalinya dengan lebih jelas lagi. Yang pertama kita bahas kamera full-frame terbelih dahulu, istilah full-frame merupakan model kamera yang dapat menyesuaikan jenis sensor pada kamera. Sensor ini berukuran 36mmx24mm ukuran tersebut sama dengan ukuran film yang digunakan pada kamera model analog. Namun, masih ada format medium yang memiliki sensor lebih besar diatas full-frame. Terdapat perbedaan serta keunggulan kamera full-frame dibandingkan dengan kamera APS-C sebagai berikut:

Baca juga :   Kamera Terbaik Harga Di Bawah 6 Juta 2018

 

  • ISO
Bedanya-Kamera-Full-Frame-dengan-APS-C-a
Sumber gambar:bukareview

Dua kamera ini memiliki ISO yang berbeda yaitu kamera APS-C cukup menggunakan ISO 1600 ke atas untuk dapat menghasilkan foto noise. Tetapi, kamera full-frame sudah menggunakan ISO 6400, dengan tingkat noisenya bisa ditoleransi. Jika anda akan menggunakan dinamic range akan terlihat jelas pada penggunaan ISO yang tinggi, misalnya akan memotret milky way. Sebagian orang menganggap noise pada APS-C cukup menganggangu dibanding dengan kamera full-frame. Jika anda mengunakan untuk kebutuhan sehari-hari kamera APS-C sudah mempu meredam noise tersebut.

  • Penggunaan Lensa

Terdapat banyak lensa pada kamera yang sesuai dengan jenis kameranya. Untuk kedua kamera ini yaitu full-frame dan APS-C perbedaannya yaitu jenis lensa yang digunakan berbeda. Kamera full-frame memiliki crop factor. Jika anda anda menggunakan lensa 18mm, maka hasil foto anda akan menunjukkan tampilan 18m. Sedangakan pada kamera APS-C jika anda menggunakan kamera 18mm, maka akan menjadi 27mm dengan efek crop factor 1,5 kali. Seorang fotografer biasanya lebih memilih kamera full-frame dengan alasan cakupannya lebih luas.

  • Kualitas Foto
Baca juga :   Lensa Terbaik untuk Fotografi Produk dan Still Life
Bedanya-Kamera-Full-Frame-dengan-APS-C-b
Sumber gambar: kagonzalez757
Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00