Beda Mic RODE ORI vs RODE KW. Mencoba Tidak Tertipu… ?

Mic RODE Ori VS Mic RODE KW. Apa Bedanya?

Pertanyaan ini jadi sering sekali ditanyakan karena ternyata memang banyak sekali mikrofon RODE palsu yang bertebaran di pasaran. Pasti nggak enak banget, ya kan? Udah niat-niat beli mic untuk ningkatin kualitas video kita, eh malah dapatnya yang KW dan hasilnya nggak sesuai harapan.

Karena itu, berikut akan kami bantu, hasil temuan-temuan kami tentang perbedaan mic RODE Ori dibandingkan dengan yang KW:

Serial Number Pada Box

Satu hal yang perlu disyukuri adalah produsen RODE KW yang banyak di pasaran ini sepertinya berusaha semaksimal mungkin membuat orang berpikir kalau mereka adalah pembuat RODE yang sebenarnya.

Mereka bahkan memiliki website sendiri, mencantumkan kontak yang bisa dihubungi, dan meniru tampilan website RODE ke dalam website mereka.

Beruntung, mereka jadi berani membuat serial number sendiri dan mengedit box RODE yang sudah sama persis, menjadi berbeda karena mereka menambahkan info serial number dan penggaransian bertuliskan huruf-huruf Mandarin di bagian bawah box.

RODE Original tidak ada tulisan Mandarin di bagian bawah box-nya. Yang Ori justru lebih sederhana hanya dengan barcode dan serial number untuk mic.


Gambar: Bagian bawah dos RODE KW


Gambar: Bagian bawah dos RODE ORI

Grafis Pada Box

Apalagi yang bisa membedakan saat posisi kita masih belum membeli?

Ini memang nggak bisa dijadikan patokan karena bagi orang yang belum pernah melihat box RODE Ori akan sedikit kesusahan untuk membedakan. Namun berikut hal yang pasti: box RODE KW memiliki warna yang agak hijau dan grafisnya tidak tajam.

Sementara belum ada cara lain untuk mengidentifikasi RODE KW jika belum dibuka selain 2 cara tadi: tulisan Mandarin di bagian bawah box (karena yang KW diproduksi di Hongkong, sementara yang Ori di Australia) & grafis yang kurang tajam.

 

Deadcat (Bulu-bulu) & Sponge (Busa)

Mic RODE ada yang dilengkapi dengan bulu-bulu yang kita sebut dengan Deadcat dan ada juga yang dilengkapi dengan busa.

Untuk Deadcat punya RODE KW, mereka jauh lebih kasar, nggak hanya bagian luarnya tapi juga bagian dalam yang akan dipasangkan pada mic.

Kemudian pada sponge (busa) RODE selalu ada tulisan “RODE” berarna putih, untuk yang ORI tulisan tersebut emboss (atau timbul ketika dipegang), sementara yang KW hanya semacam di cat biasa. Sponge pada yang KW juga lebih kasar, namun tidak begitu kentara.

 

Material Plastik yang Digunakan pada Rycote Lyre

Mic RODE selalu ditopang dengan body plastik, dan penopangnya biasanya dibuat agak lentur agar mikrofon lebih adaptif dengan guncangan-guncangan.

Nah, pada RODE KW, penopang ini (atau yang biasa kita sebut Rycote Lyre) cenderung sangat kaku dan jadinya menghilangkan fungsi utamanya: mengurangi goncangan.

Selain itu ulir pengunci mount-nya juga cenderung mudah “dol”.

 

Kualitas Terminal Konektor

Dari sisi fisik juga ada perbedaan yang terlihat pada konektor listrik, baik pada kabel maupun pada mikrofon. RODE KW menggunakan bahan seperti kuningan (dan juga sudah agak lusuh), sementara RODE Ori menggunakan tembaga putih yang lebih mengkilap. Hal ini tentu juga berpengaruh pada aliran data suara yang diterima recorder/kamera nantinya.

Ada beberapa perbedaan minor lain seperti ketidakrapian RODE KW dalam hal kain pelindung bagian dalam mic dan kabel interal mic. Keduanya terlihat nggak beraturan, jauh sekali dari RODE Ori yang terlihat profesional produksinya.

 

Nah, mengetahui hal ini,

sobat harus lebih berhati-hati lagi ya dalam membeli mic. Dilihat dulu semuanya baik-baik ?.

Untuk lebih mudahnya, bisa mengakses website RODE dan mengintip siapa saja sih dealer resmi RODE di Indonesia (PlazaKamera jelas sudah masuk). Kemudian begitu barang datang, segera masukkan nomor seri ke website RODE untuk klaim garansi. Kalau berhasil, berarti mic RODE Anda asli, selamat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *