Shopping Cart
Mengatasi Karet Kendur Pada Body lensa

Bagaimana Cara Mengatasi Karet Kendur Pada Body Lensa?

Setuju atau tidak jika ada yang mengatakan bahwa fotografi itu adalah hobi yang mahal?

Bayangkan saja, berapa duit yang harus Anda keluarkan untuk membeli kamera beserta perangkat lensanya? Belum lagi jika ada kerusakan pada kamera atau lensa, tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit!

Fotografer adalah Hobi yang Mahal

Arggghhh.. yasudahlah ya! Tak usah perhitungan gitu, ‘kan semua dilakukan demi hobi kesayangan. Atau mungkin justru malah ada yang menjadikannya profesi ?

Mengingat kamera dan lensa bukanlah barang yang ‘sembarangan’, untuk itulah dibutuhkan perawatan yang ekstra untuk menunjang keawetannya.

Terdapat berbagai macam cara untuk menjaga performa kamera dan lensa Anda. Misalnya seperti dengan menyimpannya pada Dry Cabinet. Dry Cabinet adalah sebuah wadah khusus yang dibuat untuk penyimpanan perangkat fotografi. Untuk lebih detailnya, Anda bisa cek produknya dengan KLIK DISINI.

Baca juga :   Xiaomi Yi Cam Evolution, First Look & Review Xiaomi Yi II 4K

Dry Cabinet

Jika Anda angkat tangan untuk merawat perlengkapan fotografi Anda, sudah bisa dipastikan kamera dan lensa akan kehilangan performa terbaiknya.

Seperti beberapa hari lalu, terdapat salah satu customer yang mencari sebuah rubber atau karet zoom lensa Nikon di Plazakamera.com. Ya, salah satu alasan seseorang mengganti rubber dikarenakan elastisitas karet yang telah kendur. Biasanya rubber kendur ini sangat umum terjadi pada lensa zoom.

Karet Zoom Lensa

Memang sih, secara fungsi rubber yang kendur tidak mempengaruhi kualitas lensa. Hanya saja akan mengurangi tingkat kenyamanan saat menjepret foto. Dan juga, rubber kendur akan membuat kamera Anda tak sedap dipandang mata. Bahkan, rubber yang kendur juga dapat mempengaruhi harga lensa kamera pada saat dijual.

Baca juga :   Anda Harus tahu 8 Hal Saat Anda Telah Beli Kamera dSLR / Mirrorless

Apa Penyebab Rubber Kendur?

Sebenarnya bagus juga jika rubber lensa kamu menjadi kendur, itu pertanda bahwa kamera Anda sering digunakan :D

Tapi faktornya bukan hanya itu saja! Selain karena sering dipakai, rubber yang kendur juga bisa diakibatkan oleh faktor cuaca seperti panas-dingin yang mampu membuat karet menjadi kendur.

Rubber Kendur

Bahkan ketika Anda menyimpan lensa pada Dry Cabinet, hal ini masih bisa saja terjadi jika dry box Anda terlalu kering. Jika dry box mempunyai kelembapan di bawah 40%, maka sudah dipastikan karet-karet pada lensa akan melar secara perlahan. Karena, idealnya dry box harus mempunyai tingkat kelembaban 50%.

3 comments

  1. camera saya kaca lensanya suka copot terus karena saya bingung dan akhirnya saya lem menggunakan dauble tape, tapi pada saat pengambilan gambarnya kurang bagus karna lensanya terhalang dengan double tape. cara yang baiknya seperti apa yah ?

  2. Patriot Widodo

    dilihat dulu kak yang bikin gampang lepas apa? apa ada pecahnya di ujung2 kacanya? kalau iya, coba dibelikan kaca lensa baru kak…

  3. Pasti bisa

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00