Bagaimana Cara Mengatasi Karet Kendur Pada Body Lensa?

Mengatasi Karet Kendur Pada Body lensa

Setuju atau tidak jika ada yang mengatakan bahwa fotografi itu adalah hobi yang mahal?

Bayangkan saja, berapa duit yang harus Anda keluarkan untuk membeli kamera beserta perangkat lensanya? Belum lagi jika ada kerusakan pada kamera atau lensa, tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit!

Fotografer adalah Hobi yang Mahal

Arggghhh.. yasudahlah ya! Tak usah perhitungan gitu, ‘kan semua dilakukan demi hobi kesayangan. Atau mungkin justru malah ada yang menjadikannya profesi ?

Mengingat kamera dan lensa bukanlah barang yang ‘sembarangan’, untuk itulah dibutuhkan perawatan yang ekstra untuk menunjang keawetannya.

Terdapat berbagai macam cara untuk menjaga performa kamera dan lensa Anda. Misalnya seperti dengan menyimpannya pada Dry Cabinet. Dry Cabinet adalah sebuah wadah khusus yang dibuat untuk penyimpanan perangkat fotografi. Untuk lebih detailnya, Anda bisa cek produknya dengan KLIK DISINI.

Dry Cabinet

Jika Anda angkat tangan untuk merawat perlengkapan fotografi Anda, sudah bisa dipastikan kamera dan lensa akan kehilangan performa terbaiknya.

Seperti beberapa hari lalu, terdapat salah satu customer yang mencari sebuah rubber atau karet zoom lensa Nikon di Plazakamera.com. Ya, salah satu alasan seseorang mengganti rubber dikarenakan elastisitas karet yang telah kendur. Biasanya rubber kendur ini sangat umum terjadi pada lensa zoom.

Karet Zoom Lensa

Memang sih, secara fungsi rubber yang kendur tidak mempengaruhi kualitas lensa. Hanya saja akan mengurangi tingkat kenyamanan saat menjepret foto. Dan juga, rubber kendur akan membuat kamera Anda tak sedap dipandang mata. Bahkan, rubber yang kendur juga dapat mempengaruhi harga lensa kamera pada saat dijual.

Apa Penyebab Rubber Kendur?

Sebenarnya bagus juga jika rubber lensa kamu menjadi kendur, itu pertanda bahwa kamera Anda sering digunakan :D

Tapi faktornya bukan hanya itu saja! Selain karena sering dipakai, rubber yang kendur juga bisa diakibatkan oleh faktor cuaca seperti panas-dingin yang mampu membuat karet menjadi kendur.

Rubber Kendur

Bahkan ketika Anda menyimpan lensa pada Dry Cabinet, hal ini masih bisa saja terjadi jika dry box Anda terlalu kering. Jika dry box mempunyai kelembapan di bawah 40%, maka sudah dipastikan karet-karet pada lensa akan melar secara perlahan. Karena, idealnya dry box harus mempunyai tingkat kelembaban 50%.

Jika Anda bertanya bagaimana solusinya, maka saya pun akan menjawab dengan cara klasik. Ya, Anda dapat menggantinya dengan rubber baru. Mungkin, harga di pasaran berada kisaran 200 ribu-an.

Bagaimana Solusi Sederhana Selain Ganti Baru?

Jika keberatan dengan harga untuk ganti baru, Anda bisa mencoba dengan cara yang lebih anti mainstream. Cara ini saya temukan ketika bergabung dengan sebuah forum di Kaskus dan dibagikan oleh akun dengan nama Bosshasni.

Berhubung cara ini tidak berisiko pada performa lensa Anda secara keseluruhan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba.

Mengatasi Karet pada Body Lensa yang Kendur

Caranya cukup gampang. Tapi sebelum kita masuk ke teknik untuk memperbaikinya, sebelumnya saya mau bertanya, seberapa parah melarnya karet pada body lensa Anda?

Karena tingkat keparahan melarnya karet pada body lensa Anda akan mempengaruhi teknik dalam memperbaikinya.

Oke langsung saja, berikut adalah teknik sederhana yang harus Anda coba!

Penanganan Karet Melar Biasa

Jika karet pada body lensa melarnya masih belum keterlaluan, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah:

Pertama, lepaskan karet melar tersebut pada body lensa. Caranya, Anda bisa mencungkilnya dengan pick gitar atau menggunakan tusuk gigi. Jangan gunakan benda tajam yang terbuat dari logam, hal itu justru akan membuat baret pada body lensa Anda.

Mengatasi Karet Lensa Melar

Kedua, masukan karet rubber yang telah Anda lepas tadi ke dalam freezer kulkas Anda. Diamkan kurang lebih 1-2 jam. Kemudian, ambil dan biarkan karet selama 5 menit hingga suhunya menjadi normal.

Ketiga, pasang kembali karet rubber ke body lensa dan elastis karet akan kembali seperti baru lagi.

Penanganan Karet Melar Parah

Sebenarnya, penanganannya kurang lebih sama. Hanya saja, ada beberapa tambahan penanganan yang harus dilakukan.

Pertama, lepas karet langsung dari body lensa. Karena sudah melar parah, maka Anda tidak perlu bersusah payah melepasnya.

Kedua, pangkas bagian tepi karet yang melar parah tersebut sekitar 1mm-2mm. Alasan karet ini dipotong adalah, agar pas ketika dikembalikan ke body lensa. Ini dikarenakan siat elastisitas pada karet yang telah hilang, sehingga sifatnya menjadi plastis dan tidak dapat kembali ke bentuk semula.

Mengatasi Karet Melar Pada Body Lensa

Ketiga, setelah kedua tepi karet dipotong, selanjutnya haluskan permukannya menggunakan sebuah kertas ampelas.

Keempat, masukkan karet yang telah dipotong dan dihaluskan menggunakan ampelas tadi ke dalam freezer kulkas selama 2-3 jam. Dan kemudian, pasangkan lagi ke body lensa Anda.

Mengatasi Karet Melar Pada Body Kamera

Memang sih, awalnya saya pribadi pun tidak begitu percaya bawa elastisatas karet bisa dikembalikan hanya dengan memasukannya ke freezer!

Tapi, setelah melihat berbagai komentar sukses agan-agan di Kaskus, saya pun terpanggil jiwanya untuk mencobanya. Dan hasilnya karet melar pun kembali baru ?

Tapi menurut saya pribadi, lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik merawat jauh-jauh hari kamera dan lensa daripada berisiko rusak. Anda pun pasti berpikiran hal yang sama bukan?

Perlengkapan Fotografi Lebih Awet dengan Dry Cabinet

Jual Dry Cabinet Termurah

  • Melindungi dari Kelembaban
  • Menghindarkan dari Jamur
  • Melindungi dari Karat
  • Pengatur Temperatur

Dapatkan Dry Cabinet Dengan Harga Termurah Sekarang Juga, KLIK DISINI! 

 

Related Post

3 thoughts on “Bagaimana Cara Mengatasi Karet Kendur Pada Body Lensa?”

  1. camera saya kaca lensanya suka copot terus karena saya bingung dan akhirnya saya lem menggunakan dauble tape, tapi pada saat pengambilan gambarnya kurang bagus karna lensanya terhalang dengan double tape. cara yang baiknya seperti apa yah ?

    1. dilihat dulu kak yang bikin gampang lepas apa? apa ada pecahnya di ujung2 kacanya? kalau iya, coba dibelikan kaca lensa baru kak…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *