Shopping Cart

Bagaimana Cara Memilih Tripod Yang Pas

Liburan sudah di depan mata dan itu artinya sudah saatnya menyiapkan “senjata andalan” untuk jeprat-jepret. Nah, selain kamera jangan lupa bawa tripod.

Lho, tripod juga? Emang seberapa penting sih bawa tripod? Udah ribet, berat, dan makan tempat lagi. Bukannya lebih enak bawa tongsis kalau butuh foto rame-rame?

Belakangan ini memang lebih ngetrend untuk selfie menggunakan tongsis untuk dipamerkan di medsos, namun tripod akan lebih memuaskan untuk memaksimalkan jepretan kamera apalagi bila anda suka memotret pemandangan selama liburan.

Nah, gimana sih cara milih tripod yang pas? Tenang, akan kita bahas di sini…

Percaya atau nggak, tepat nggaknya tripod itu bisa membuat perbedaan sangat besar lho!

Baca juga :   Cara 'Tercepat' Menyiarkan Live View Kamera Anda ke Screen? See This Aputure Array...
Panduan Memilih Tripod
images by KeatleyPhoto

 

Fungsi utama tripod

Tripod sendiri bisa dibilang fungsinya sebagai pengganti tangan bagi fotografer.

Dengan memakai tripod maka pengambilan gambar bisa lebih stabil karena tidak goyang. Kalau sudah stabil maka bisa dipastikan hasilnya bakal super tajam (no blur karena gerakan), apalagi untuk pemotretan long exposure maupun yang detilnya banyak seperti saat memotret pemandangan.

Nah, hal-hal penting berikut ini yang perlu diperhatikan saat memilih tripod:

Seberapa cepat kaki tripod keluar

Ini akan memudahkan saat anda pindah lokasi memotret maupun menghemat waktu.

Tripod memiliki 3 kaki yang bisa dipanjang pendekkan dengan membuka/menutup kuncinya yang berupa jepitan atau puteran (rubber twist leg lock). Jika butuh cepat maka jenis jepitan lebih cocok karena anda tinggal membuka pengait dengan ibu jari dan kakinya akan langsung meluncur.

Baca juga :   Jual Lens Hood Nikon

Sedangkan jenis twist masih harus diputar hingga mentok sehingga makan waktu, apalagi satu kaki memiliki tiga segmen. Namun nilai plus rubber twist adalah tidak gampang rusak karena terbuat dari karet, selain itu juga tidak mudah patah karena cara pakainya diputar.

tripod-comparisons

 

Tripod Head

Selain kaki, kepala tripod juga penting untuk dipertimbangkan karena berfungsi mencengkeram kamera anda. Jangan sampai kamera anda justru meluncur jatuh karena kuncian yang tidak pas. Jenis tripod head ini ada dua yaitu ball head dan pan tilt head.

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00