Apa sih EXIF Metadata itu ?

foto-2

// Apa sih EXIF Metadata itu //

 

Kalau kita sudah mulai berkenalan dengan dunia fotografi digital, cepat atau lambat kamu akan mendengar kata EXIF.. Nah, EXIF menurut Wikipedia adalah format standar untuk berkas gambar, suara, dan tambahan lainnya yang digunakan oleh kamera digital (termasuk ponsel cerdas), pemindai, dan sistem lainnya yang terkait dengan perekaman gambar dan suara oleh kamera digital.

Pada dasarnya metadata adalah istilah dalam dunia teknologi informasi, yang kurang lebih berarti data yang merekam informasi penting mengenai sebuah file. Sementara EXIF sendiri adalah metadata yang khusus dipakai dalam dunia fotografi digital. EXIF menyimpan banyak informasi detail tentang sebuah file foto digital. EXIF adalah sebuah singkatan yang kepanjanganannya Exchangeable Image Format.

// Apa Saja Data yang Disimpan? //

 

Banyak data yang tersimpan saat kita motret foto dengan kamera digital, beberapa diantaranya adalah:

A. Tanggal dan jam saat foto dibuat
B. Merek dan tipe kamera yang digunakan
C. Jenis lensa
D. Panjang focal-length
E. Shutter speed
F. Aperture
G. ISO speed rating
H. Flash, digunakan atau tidak.
I.  Posisi dimana foto diambil, jika kamera dilengkapi dengan GPS

image 3

EXIF data akan sangat berguna dalam beberapa tujuan, tetapi yang utama adalah memudahkan fotografer untuk membandingkan hasil foto dan mencari tahu apa yang benar dan salah dalam hasil foto tersebut.

…….
….
..

// Kenapa Kita Perlu Mengetahui Data Exif Foto? //

 

Fotografer pemula, Data EXIF bisa menjadi alat pembelajaran yang berguna bagi kita. Bila kita menyukai beberapa foto yang kita buat, maka data EXIF bisa membantu kita mengingat pengaturannya untuk digunakan lagi pada foto-foto berikutnya. Demikian juga sebaliknya, bila ada foto yang hasilnya buruk, kamu bisa melihat ke “balik layar” untuk memahami bagian mana dari setting kamera yang meleset sehingga terjadi overexposure dan sebagainya.

Menggunakan EXIF data akan sangat berguna jika kamu dalam posisi baru mulai memasuki dunia fotografi digital dan ingin terus meningkatkan teknik fotografi kalian.

// Bagaimana cara melihat data EXIF? //

 

Umumnya, kalau kamu menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows, data ini bisa diakses langsung dengan meng-klik kanan file foto > properties > summary.

image 2

Oke, selamat mengamati EXIF data foto-foto anda, dan untuk selanjutnya, saya akan bahas tentang white balance :)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *