Shopping Cart

9 Kecerobohan Umum Pada Fotografi Long Exposure

9-Kesalahan-

Fotografi long exposure seringkali mampu menghasilkan hal-hal menarik, gambar dihasilkan akan sangat unik karena mampu merekam pergerakan, bahkan pergerakan tersebut akan nampak sangat lembut, dalam artikel sebelumnya saya telah membahas tentang 5 Cara bermain dengan Long Exposure

Jika anda menggemari jenis fotografi ini, maka perlu mengetahui beberapa kesalahan yang lazim dibuat saat melakukannya :

// 1. Vibration reduction/Image stabilizer dalam posisi ON

 

image stabilizer

Teknologi sangat berperan dalam kemajuan fotografi termasuk fitur IS/Image Stabilizer atau VR/Vibration Reduction yang mampu meminimalkan blur saat menggunakan tangan kosong. Sayangnya fitur ini justru mengganggu jika kita menggunakan tripod dengan shutter speed yang lambat karena justru menimbulkan gerakan. Cara kerja VR adalah dengan menggunakan sensor untuk mendeteksi pergerakan dan berusaha mengkompensasinya dengan menggerakkan elemen dalam lensa. Jadi bila kamera anda terpasang pada tripod matikan fitur IS/VR dan biarkan tripod yang menjaganya tetap stabil.

Baca juga :   Cara Setting Shutter Speed pada Kamera Digital DSLR

// 2. Lupa menggunakan mirror lock up

 

01-hdr-photography-enable-mirror-lock-up-canon

Pada kamera DSLR cahaya akan berjalan memasuki lensa dan dikirim ke viewfinder  dengan menggunakan mirror. Ketika kita menekan shutter release maka mirror akan  bergerak ke atas dan cahaya akan memasuki sensor untuk direkam. Pergerakan mirror tersebut dapat mengakibatkan blur sehingga kita perlu mencegahnya.  Caranya adalah dengan mengaktifkan fungsi Mirror lock up, sehingga saat anda menekan tombol shutter (pertama kali) kamera akan mengangkat mirror dan tekanan ke 2 akan membuka shutter (mengambil gambar). Dengan terangkatknya mirror terlebih dahulu otomatis  getaran tidak akan muncul.  Namun jika anda menggunakan kamera mirrorless maka bisa melupakan masalah ini.

Baca juga :   7 Langkah Photographer menjadi Videographer ( bagian 2 - end )

// 3. Tidak menggunakan filter GND

Best_graduated_neutral_density_filters_NIK13.lb_tests.cokingradFilter Graduated ND sangat bermanfaat baik untuk fotografi landscape pada umumnya atau penggunaan long eksposure pada khususnya. Dalam kondisi biasa filter ini mampu menyeimbangkan kelebihan cahaya pada area langit dan kekurangan cahaya pada area daratan(banyak ditemui dalam kasus fotografi landscape). Saat kita membutuhkan long exposure misalnya mengabadikan pergerakan air filter ini juga berfungsi mengurangi jumlah cahaya masuk sehingga mencegah over exposure pada gambar yang dihasilkan. Filter GND merupakan salah satu filter wajib yang paling banyak digunakan untuk fotografi landscape.

Anda dapat memilih filter sesuai kebutuhan konsep landscape anda klik gambar berikut

Banner-Kategori-Lensa

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00