9 Aksesoris DJI Ronin-S Resmi Yang Baru Rilis

DJI baru saja merilis 9 aksesoris baru untuk stabilizer gimbal favorit videografer saat ini, DJI Ronin S. Aksesoris-aksesoris ini jelas akan membuat Ronin-S menjadi lebih powerful dibanding fungsinya sekarang yang sebenarnya udah luar biasa. Aksesoris-aksesoris ini kemungkinan akan ready di Indonesia di Desember 2018 ini dan siap membantu project akhir tahun kamu.

Hmm, kira-kira modelnya kayak gimana ya? Yuk dilihat bareng-bareng

Sebelumnya mari kita rekap sebentar: Tahun ini (2018), DJI merilis one-handed stabilizer yang ramai diperbincangkan para videografer karena fitur dan desainnya yang sangat memudahkan. Dengan beban maksimal hingga 3,6 Kg, baterai yang kuat hingga 12 jam, dan build quality yang mantap (cukup berat dan kokoh juga), serta berbagai fitur canggih a la DJI seperti tracking dan timelapse yan ada di dalamnya, nggak kaget kalau Ronin-S begitu ramai diperbincangkan.

DJI sebenarnya sempat mengumumkan bahwa mereka akan memperluas ekosistem produk gimbal mereka. Dan 9 aksesoris yang baru saja dirilis ini adalah batch pertama dari misi itu.

 

DJI Focus Motor

Focus Motor ini menjawab kebutuhan user yang selama ini selalu diidam-idamkan. Karena meskipun Ronin-S sudah dilengkapi dengan focul wheel dari bawaannya, namun support dari produsen kameranya yang kurang. Nah dengan adanya Focus Motor ini, kita tidak perlu khawatir kamera apa dan lensa apa yang kita gunakan, karena fokus motor akan membantu menyesuaikan fokus pada lensa secara manual menggunakan karet bergeriginya. Selain itu, ini juga membuka kemungkinan para videografer untuk bisa menggunakan lensa manual juga.

DJI Focus Motor nantinya akan hadir dengan kabel yang bisa dipasang di bagian base dari Ronin-S, kemudian ada rod mount juga, 2 tongkat/rod diameter 15mm dengan panjang berbeda, dan 2 karet gerigi sebagai focus gear rings, sekaligus dengan beberapa screw untuk mengamankan semua ini.

 

DJI Command Unit

Harus diakui kalau Ronin-S memiliki fungsi yang beragam, dan seperti yang dijelaskan di manual book bawaan-nya, untuk memaksimalkan fungsi-fungsi yang lebih kompleks (seperti timelapse dan motion) memerlukan koneksi dengan aplikasi smartphone.

Nah, DJI Command Unit ini untuk mengurangi ketergantungan kita terhadap smartphone. Command unit ini terdiri dari display kecil dan 5 direction pad. Dengan ini, user bisa mengubah parameter kamera, bahkan ketika sedang merekam, kamu juga masih bisa mengganti mode dan mengakses “Create Function”.

DJI Command Unit ini bisa di-mount di kedua sisi hand grip dari Ronin-S, baik Focus Wheel yang nantinya numpang nyolok di Command Unit, ataupun Command Unit di satu sisi dan Focus Wheel di sisi lainnya.

 

DJI Ronin-S BG37 Battery Grip

Beberapa sempat ada yang mengkritik Ronin-S soal baterainya yang nggak bisa dilepas. Pada prakteknya, tentu saja hal itu tidak begitu masalah mengingat baterainya bisa tahan sampai 12 jam. Sekarang, dengan rilisnya aksesoris baru, seperti Command Unit dan Focus Motor, DJI juga melakukan improvement signifikan dengan membuat baterai yang bisa digonta-ganti.

Ronin-S BG37 adalah battery grip yang bisa menggantikan standard grip bawaan Ronin-S. Kapasitasnya pun sama-sama 2400mAh, hmmm bisa jalan 24 jam nih :).

 

DJI GPS Module

Ronin-S bisa mempertahankan kestabilan di kecepatan 70 km/jam. Loh kok bahas kecepatan? Yak, karena di produksi film ada saja momen dimana kita menggunakan stabilizer di sebuah mobil bergerak. Dan ketika mobil terlalu cepat, atau lagi berbelok tajam, stabilizer tidak bisa mempertahankan kestabilannya.

Nah, dengan adanya GPS Module akan meningkatkan kestabilan Ronin-S, terutama saat mobil sedang berakselerasi maupun deselerasi karena Ronin-S akan mengurangi reaksi mereka terhadap belokan maupun perubahan kecepatan, maupun saat mobil melewati jalan bergelombang.

 

DJI Ronin-S Universal Mount

Ingin memasang Ronin-S di mobil, crane, jib, atau cable cam? Universal Mount akan menjawab kebutuhan itu. Mount ini bisa dipasangkan ke segala screw 1/4 inch.

Terus gimana nyalainnya, baterainya kan nggak kepasang? Kamu masih bisa power-up nih gimbal menggunakan DC-IN port yang ada di universal mount ini. Namun untuk sumber baterainya memang harus beli lagi sih karena sama DJI dijual terpisah.

 

DJI Extended Lens Support & Top Hotshoe Bracket

Ronin-S punya kelemahan yang sama dengan semua gimbal yang lain ketika harus berurusan dengan lensa ber-focal length panjang. Seketika, beban maksimal yang mungkin ditampung Ronin-S jadi nggak berarti karena kita harus memasang kamera jauh lebih ke belakang hanya agar bisa seimbang, alhasil seringkali hal ini mengurangi kemampuan tilting si gimbal.

Dengan Lens Support dan Hotshoe Bracket, kita bisa mengatasi kelemahan tadi. Dengan catatan: lensa tetap jangan yang terlalu panjang juga loh ya!

 

Sebagai tambahan, kamu nanti juga bisa membeli Rod Mount untuk Focus Motor serta Focus Gear Strip (karet geriginya) secara terpisah juga. Jadi kalau udah beli Focus Motor dan ada apa-apa dengan rod mount dan karetnya, masih bisa beli lagi.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *