Shopping Cart

5 Trik-Trik Kecil dan Kreatif Memaksimalkan Slider

Membuat rekaman video yang bagus dan seru hasilnya juga menuntut kreativitas. Tak melulu kameranya, salah satu gear yang bisa dikulik adalah slider.

Slider merupakan alat tambahan untuk melakukan proses syuting yang berbentuk pipa palang. Fungsinya sama dengan rel untuk melakukan movement kamera yang mulus saat perekaman. Tak hanya maju mundur, ternyata ada banyak kreasi gerakan kamera dengan memainkan posisi slider.

Cinecom.net yang mengulik trik penggunaan slider yang kreatif untuk menghasilkan movement maupun angle kamera tak terduga. Apa aja sih?

Mereka menggunakan slider yang disematkan pada single tripod. Patut dicatat, kaki tripod harus benar-benar kokoh karena harus menahan beban slider dan kamera dalam keadaan tetap seimbang. Selain itu gunakan kepala tripod jenis fluid head agar kamera bisa bergerak bebas.

Baca juga :   6 Karakteristik Lensa Cinematic yang Begitu Spesial

 

1. Trik “Menatap Bintang”

Sesuai namanya, trik ini menggunakan kamera dengan posisi ditengadahkan 180 derajat menghadap ke atas alias ke langit. Slider-nya diletakkan di tanah dan kamera akan berjalan mengabadikan yang ada di atas. Teknik ini berguna untuk menunjukkan keindahan interior suatu ruangan, terutama bagian langit-langit.

 

2. Menghilangkan jejak slider saat Zoom In

Menggunakan slider untuk membuat zoom in dan zoom out memang memuaskan, namun kendalanya adalah ujung palang slider bocor masuk ke kamera. Nah, hal ini bisa diatasi dengan memiringkan posisi slider menjadi 45 derajat. Sedangkan kameranya didongakkan ke atas sekitar 45 derajat juga. Dengan begitu palang akan “menghilang” ketika kamera meluncur menuruni slider dan hasil rekaman video anda sempurna.

Baca juga :   Cara 'Tercepat' Menyiarkan Live View Kamera Anda ke Screen? See This Aputure Array...

 

3. Membuat adegan menatap kamera sambil berjalan

Keunggulan slider adalah untuk membuat gerakan yang mulus dibanding dibawa manual jadi manfaatkanlah dengan baik. Posisikan kamera di eye lever dan letakkan di ujung slider. Lalu si model atau aktor menggerakkan sendiri slider itu sambil berjalan memutar dan menatap ke kamera. Voila! Jadilah adegan zoom in tatap menatap yang intens.

 

4. Pengamatan dari bawah ke atas

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00