5 Mitos Umum dalam Digital Fotografi

Mitos dan kesalahpahaman bisa bertahan karena ketidaktahuan kita mengenai kerumitan Complex Physics dalam dunia digital. dan bagi kita ( para fotografer ), banyak mitos fotografi digital muncul ketika mencoba untuk menarik analogi yang tidak sempurna mengenai digital fotografi.

Ada beberapa hal dalam dunia digital foto yang hanya mitos belaka dan sering juga loh memicu topik perdebatan selain debat masalah merk kamera sih hehehe..

Well, langsung aja yuk kita simak apa saja yang menjadi mitos dan fakta dalam digital fotografi :

#1 : ISO changes sensitivity

// apabila kamera mempunyai fitur ISO lebih tinggi maka semakin bagus kamera tersebut menghasilkan suatu gambar.//

Sering dengar kalimat seperti diatas gak? nah, Secara definisi ISO adalah ukuran tingkat sensifitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi setting ISO kita maka semakin sensitif sensor terhada cahaya.

Baca juga :   Tips Memilih Sistem Kamera : APS-C atau Full Frame?

Tidak seperti Film (roll film yang terbuat dari seluloid berisi cairan kimia yang berfungsi menangkap spektrum cahaya ). perubahan ISO pada kamera digital tidak membuat sensor lebih sensitif. Namun, sebaliknya ISO pada digital kamera tidak dapat merubah sensitivitas cahaya. teknologi kamera digital hanya memiliki satu sensitivitas yaitu sensor.

Nah, paparan gelombang cahaya yang masuk melalui lensa ditangkap oleh sensor dan diterjemahkan menjadi sebuah susunan pola warna. ISO hanyalah keuntungan dari pasca diterapkan sinyal dari sensor.

 

Ilustrasi foto di berikut ini menggunakan ISO rendah dan tinggi pada hari yang cerah.

Sensor pada kamera merupakan rangkaian elektronik yang peka cahaya. Setiap pixel pada keping sensor akan merubah intensitas cahaya yang mengenainya menjadi tegangan listrik, Tegangan dari sensor ini selanjutnya dirubah menjadi sinyal digital dan siap diproses di tingkat selanjutnya di dalam kamera hingga menghasilkan sebuah gambar.

Baca juga :   Mengenal Flat Lay Photography, Ala-Ala Foto Instagram

Seiring perkembangan teknologi, beberapa produk kamera terbaru ada teknologi ” ISO VARIANT “, yang berarti sensor membaca noise pada ISO. Hal ini memungkinkan fotografer bisa memantau besarnya highlight and shadow pada tabel histogram.

About Hermawan

Perkenalkan, nama saya Hermawan, salah satu anggota dari keluarga Plazakamera yang bertugas di Graphic Design, saya asli arek suroboyo dan sangat tertarik di belajar lebih di dunia photography, bekerja di plazakamera tidak membuat saya merasa sebagai pekerja, melainkan sebagai bagian dari plazakamera itu sendiri, saya nyaman menjadi bagian dari keluarga plazakamera salam, dan selamat datang di plazakamera

2 thoughts on “5 Mitos Umum dalam Digital Fotografi”

  1. Nice Article…, apakah sya boleh izin mengangkat article ini di channel youtube saya?? thx sebelumnya Plaza kameraπŸ™πŸ™πŸ™
    *akan saya cantumkan sumber di video dan deskripsi

  2. Nice article….. bang Hermawan, apakah say bisa mengangkat artikel ini dalam channel youtube saya??
    *akan saya cantumkan sumber di Deskripsi video, thx sebelumnya bang πŸ™πŸ™

Leave a Reply