5 Audio Recorder Jagoan TASCAM

Hobi nge-vlog, bikin film indie, merekam  event musik atau justru merekam video menjadi pekerjaan anda? Tentunya anda juga bakal mencari lebih serius gear mana yang terbaik untuk merekam suara. Bagaimanapun video yang oke akan berkurang nilainya jika audionya payah.

Untuk mendukung itu sudah banyak beredar perekam suara yang bagus di pasaran, salah satunya adalah merk TASCAM.

Audio recorder Tascam patut dilirik bagi mereka yang budget friendly. Dengan harga yang terbilang ramah di kantong, perekam suara saingan Zoom ini memiliki kualitas ciamik.

Inilah 5 audio recorder jagoan dari Tascam:

TASCAM DR-05

Tascam DR-05 ini di-review sebagai audio recorder paling ramah di kantong untuk ukuran fitur kece yang dimilikinya. Dengan mikrofon omnidirectional yang dimilikinya maka didapatkan konfigurasi mic yang bagus pada DR-05 ini.

Tak hanya merekam keseluruhan suara di sekitar dengan detil, DR-05 juga bisa bertahan merekam suara berkekuatan 125dB SPL.

Fitur lainnya adalah layar LCD di depan yang membantu mengarahkan suara. Selain itu juga ada fitur yang menarik yaitu speed playback tanpa mengubah pitch. Anda dapat melakukan loop dan repeat suara dan  mendapatkan setting EQ yang disebut chromatic tuner.

DR-05 dioperasikan menggunakan baterai AA dan bisa dikoneksikan via USB atau adapter AC. Memiliki juga slot microSD (termasuk 2GB) untuk menyimpan rekaman audio anda. Dengan baterai tersebut, DR-05 bisa merekam selama 7 jam dengan kualitas level CD.

Anda juga bakal memiliki stand mungil yang handy sehingga tidak perlu memeganginya terus-terusan. Ukurannya sudah disesuaikan tidak terlalu tinggi untuk diletakkan di atas meja agar anda tetap nyaman.

Pengoperasian semakin mudah dengan fitur Peak Reduction. Sistem ini secara otomatis membuat perekamanmu di level “mendengarkan sumber suara” dan menyesuaikan sendiri di level terbaik. Jadi ini mencegah distorsi setelah low level dalam jangka waktu tertentu.

TASCAM DR-07

Tascam DR-07 didesain sehingga terasa sangat halus, ringan dan nyaman di tangan. Bodinya dari plastik kecuali di bagian keempat kakinya di belakang yang terbuat dari karet. Ukurannya juga bisa dikantongi di jaket, dimasukkan ke ransel atau koper.

Tascam DR-07 di-review cocok untuk merekam suara keras atau yang tidak terlalu membutuhkan detil misalnya perkuliahan, latihan music atau gladi resik. Namun kualitas perekamannya bisa ditingkatkan dengan tambahan mikrofon eksternal dan pre-amp.

Sedangkan mic yang dibawa adalah sepasang condenser stereo elektrik. Dengan level input yang bisa disesuaikan mulai dari untuk suara sederhana hingga kelas berat seperti latihan band metal.

Soal performanya, DR-07 mampu merekam file mp3 kualitas 32 hingga 320 kbps dan file wav hingga 24-bit/48kHz. Bahkan bisa mencapai 96kHz untuk file wav setelah diupdate lho!

LCD screen di bagian depan juga sangat jernih, jelas dan gampang dibaca untuk ukurannya yang dua kali lipat layar milik H2 besutan Zoom. Penggunaannya pun mudah dengan adanya lubang untuk dipasangkan di tripod.

Tombolnya jelas, responsif dan mudah dikenali di bodinya. Tombolnya yang tidak banyak juga menambah nilai plus. Review menyebutkan DR-07 adalah versi ringan dan langsung dari LS-10 milik Olympus dengan harga separuhnya.

Tascam DR-07 juga dilengkapi SD card 2GB dan masih mumpuni hingga 32GB untuk menyimpan rekaman audio anda., kabel ISB, windscreen, baterai AA dan tentunya buku petunjuk manual.
Bagi yang familiar dengan interface di computer akan nyaman menggunakan DR-07 karena kemiripannya. Navigasi menunya menggunakan wheel di bagian depan yang mudah digeser-geser dengan ibu jari. Navigasinya mampu melakukan fast forward dan rewind dengan sangat akurat di file yang telah anda rekam. Fungsi Divide juga akurat untuk memecah file.

Tascam DR-07 juga ditenagai baterai ion Tascam BP-L2 lithium alih-alih AA seperti pada umunya handheld audio recorder. Dengan baterai tersebut anda bisa melakukan perekaman selama 7,5 jam. Namun anda juga bisa memakai baterai AA jika tidak membutuhkan fitur-fitur khusus.

Tascam kemudian meng-upgrade DR-07 dengan merilis seri DR-07mkII.

DR-07mkII mendapat beberapa peningkatan dan yang paling mencolok adalah bodinya yang lebih bongsor. Hal itu disebabkan karena penambahan mikrofon built-in.

Berbeda dengan pendahulunya, DR-07mkII memiliki mikrofon kondensor stereo yang bisa diubah menjadi posisi XY atau AB. Gunkan posisi  XY untuk perekaman detil, dan AB untuk suara ambien yang lebih luas.

TASCAM DR-100 mk II

DR-100mkII bisa dibilang seri besutan Tascam yang paling menonjol diantara lainnya. Dengan sistem dual battery , audio recorder ini memberikan waktu perekaman paling lama diantara yang sejenisnya di pasaran.

Perekam suara yang menjadi pesaing kuat Zoom H4n ini jago di segala “medan”, terutama untuk audio DSLR. Anda bisa merekam sangat jernih kualitas MP3 hingga 96kHz/24-bit digital stereo dari DSLR tanpa perlu dibantu mic dan kabel. Perekaman dari mic built-in DR-100mkII ini sudah cukup jernih dan stabil.

Bodinya juga mantab karena terbuat dari aluminium sehingga lebih stabil. Tak hanya itu, DR-100mkII masih dilengkapi keunggulan slot SD card 2GB, baterai Li-ion, kabel USB, soft case, windsock (mirip windscreen tapi pas untuk mic, bentuknya seperti kaos kaki) dan remote control wireless.

DR-100mkII ini juga dibekali remote control wireless dan baterai yang bisa dicharge.

DR-100mkII hanya memiliki 2 channel namun itu tak masalah karena kualitas peremakannya yang memuaskan dengan dua set mikrofon bawaan (cardioid dan omnidirectional). Jadi tak mengherankan bila seri ini menggoda bagi yang menginginkan “paket hemat” handheld recorder.

TASCAM DR-22WL

Tascam membuka lembaran baru dengan merilis DR-22WL menjadi audio recorder yang dibekali Wi-Fi.

Ya, dengan Wi-Fi maka anda bisa melakukan kontrol lebih fleksibel, memindah file dan streaming audio ke smartphone atau PC tanpa menyentuh recorder. Aplikasi untuk mengakses si langsing ini juga disediakan gratis untuk Android dan iOS.

Anda bisa mengoneksikan DR-22WL dengan perangkat lainnya tanpa router Wi-Fi. Masukkan informasinya ke aplikasi dan jika sinyal bermasalah tidak akan menganggu jalannya perekaman.

Kemudahan ini juga dibekali microSD card 64MB hingga 2GB sehingga anda leluasa berkreasi. Selain itu ada tambahan fitur Scene Dial yang membuat anda bisa merekam dengan kualitas tinggi dan langsung meng-share secara online.

Tak heran jika DR-22WL cocok untuk musisi dalam merekam latihan, filmmaker yang ingin merekam suara lebih natural, untuk wawancara jurnalis dan siapapun yang butuh merekam high-resolution, 96kHz/24-bit digital audio dengan mudah dan nyaman.

Mic Built-in

 DR-22WL memiliki satu set mikrofon condenser stereo yang dibentuk XY untuk perekaman audio stereo yang sempurna. Portable recorder langsing ini mampu merekam suara keras hingga  120dB SPL tanpa masalah, misalnya konser musik atau keriuhan di stasiun.

Masih ada juga fitur Variable Speed Audition untuk mengubah kecepatan merekam audio tanpa mengubah pitch sehingga memudahkan bagi musisi merekam lagu mereka. Namun keunggulan utamanya converter AD/DA yang mampu menghasilkan audio resolusi 96kHz/24-bit, memberikan kualitas suara yang mengesankan.

The DR-22WL dilengkapi 8 posisi Scene Dial. Mirip dengan kamera digital, rotasi dial-nya sudah diotomatisasi untuk pilihan setting rekaman instrument, voiceover dan lainnya. Anda juga bisa membuat settingan sendiri sesuai selera maupun mode manual. Semuanya mudah dikendalikan lewat layar LCD yang lega.

TASCAM DR-44WL

Tascam tidak lantas berleha-leha setelah membesut handheld recorder yang memiliki Wi-Fi. Terus menyempurnakan, mereka menelurkan DR44WL. Masih dilengkapi Wi–Fi sehingga bisa dikendalikan lewat smartphone, DR44WL juga memiliki mic lebih mumpuni dibanding sebelumnya.

DR44WL juga unggul karena bisa merekam hingga 4 track secara beruntun dengan tiap track overdubbing dan memiliki mixer basic.

Ya, DR44WL memiliki sepasang mikrofon condenser selevel mic studio, yang diposisikan XY untuk kesempurnaan perekaman. Sayangnya tak seperti pada DR40, posisi tersebut tidak bisa diubah jadi A-B.

Namun bukan berarti mic tersebut tidak mumpuni. Tascam tetap mendesainnya sanggup bertahan di suara berkekuatan 132dB SPL, setara suara bisingnya mesin jet pesawat, tanpa mengalami distorsi.

Capsul mikrofon ini juga dibekali sistem shockmounting untuk mengatasi noise. Karet yang menahannya berguna untuk menhindari noise frekuensi rendan ketika dipegang, dipasang di kamera maupun di tripod. Jadi anda tak perlu khawatir gerakan kecil ikut terekam.

So that’s it… Tadi adalah list dari beberapa audio recorder yang dijual di pasaran Indonesia (dan tentunya di PlazaKamera.com). TASCAM dikenal sebagai perlengkapan audio yang bagus baik untuk kelas pemula maupun yang butuh fitur aneh-aneh.

Semua kembali pada serinya masing-masing, that’s why di setiap nama seri sudah kami beri link ya, barangkali mau cek-ricek spesifikasi, stok, dan harga.. :)

Ciao!

Share Produk ini!

2 thoughts on “5 Audio Recorder Jagoan TASCAM”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *