4 Elemen Penting untuk Astrofotografi

// Mengenal Astrofotografi

Selalu saja ada banyak obyek hal menarik pada malam hari dan meninggalkan banyak pertanyaan di luar sana atau bahkan banyak yang mencoba untuk memotret keindahannya yang tak tertandingi. Orang yang pertama kali berhasil mencitrakan obyek-obyek luar angkasa adalah Louis Jacques Mande Daguerre pada abad ke 18, foto yang paling pertama dari sebuah objek astronomi adalah bulan, dan foto itu diambil pada tahun 1839.

gambar bulan pertamakali pada abad 18

1840: One of the first ever pictures of the moon taken by Dr J W Draper of New York. (Photo by J. W. Draper/London Stereoscopic Company/Getty Images)

Astrofotografi adalah cabang ilmu fotografi yang objek fotonya berkaitan dengan hal-hal astronomi. Contoh-contoh astrofotografi yaitu foto bulan, matahari, bintang, planet, galaksi, nebula, open cluster/globular cluster, dan sebagainya. Astrofotografi bertujuan untuk memotret benda-benda langit, dan untuk memotretnya diperlukan teknik-teknik tertentu.

Baca juga :   Bermain-main dengan Filter CPL, untuk Bikin Foto Apa Saja, Ya?

Astrofotografi didefinisikan sebagai jenis khusus dari fotografi yang digunakan untuk merekam gambar objek astronomi (seperti bulan, planet dan nebula) dan area luas dari langit malam hari. Bentuk fotografi ini telah membawakan revolusi pada bidang penelitian astronomi profesional karena memungkinkan ilmuwan untuk merekam jutaan bintang baru dan nebula yang sebelumnya tidak terlihat oleh mata manusia.

Ada 4 Hal Elemen yang penting untuk seorang astrofotografi yang tidak boleh di hindari, ini artinya ada 4 hal yang besifat wajib untuk dilakukan, apa saja 4 hal itu ? yuk simak ulasan berikut ini :

 

// Elemen apa saja yang di butuhkan ?

Ada 4 dan Elemen Penting yang kamu harus tahu untuk astrofotografi.
4 elemen yang harus ada yaitu :

  • Kamera
  • Teleskop
  • T-Mount Adapter
  • dan Tripod

 

Baca juga :   Flash Kamera, Panduan Menggunakannya Di Fotografi (Part 2)

1. Kamera

Untuk menghasilkan foto yang bagus, sebaiknya menggunakan kamera DSLR, karena pada kamera DSLR terdapat manual mode sehingga kita dapat mengatur ISO, shutter speed, aperture, dan fokusnya sesuai dengan yang kita inginkan. 

kamera canon eos 60Da plazakamera

Canon 60Da memang bagus, tapi kamera-kamera lain juga bisa dipergunakan. Salah satu kelebihan dari 60Da adalah filter sensor kamera berbeda dengan filter sensor kamera lainnya sehingga kamera lebih sensitif terhadap gelombang cahaya hydrogen-alpha (untuk nebula). Filter sensor kamera lain biasanya memotong informasi yang penting ini.

About Hermawan

Perkenalkan, nama saya Hermawan, salah satu anggota dari keluarga Plazakamera yang bertugas di Graphic Design, saya asli arek suroboyo dan sangat tertarik di belajar lebih di dunia photography, bekerja di plazakamera tidak membuat saya merasa sebagai pekerja, melainkan sebagai bagian dari plazakamera itu sendiri, saya nyaman menjadi bagian dari keluarga plazakamera salam, dan selamat datang di plazakamera

Leave a Reply