Shopping Cart
Kesalahan Memotret

13 Kesalahan Memotret Ini Pasti Pernah Kamu Alami

Kesalahan Memotret

Kesalahan ketika memotret tentu saja dialami fotografer, baik pemula maupun profesional. Namun kesalahan memotret tersebut akan berlalu seiring jam terbang yang terus di asah. Berikut beberapa hal kesalahan memotret yang sering terjadi ketika memotret.

Selalu menempatkan subjek di tengah

Kebanyakan fotografer pemula memotret sebuah subjek atau pemandangan berpatokan pada bagian tengah. Ini menjadi kesalahan dasar fotografer baru. Terkadang kamu bisa memotret subjek atau pemandangan tidak harus selalu ditengah. Kamu bisa menempatkan subjek agak ke atas atau ke bawah atau ke pinggir sehingga gambar bisa lebih banyak unsurnya.

Bila kamu memotret landscape, jangan selalu berpatokan untuk membagi dua gambar antara langit dan bumi. Cobalah untuk bereksplorasi misalnya menempatkan seperempat bagian saja untuk langit. Jadi pemandangan akan semakin lebih luas. Ingat patokan rule of thirds dalam menempatkan subjek.

Baca juga :   Lokasi Jelek Juga Bisa Hasilkan Foto Cantik, Ini Buktinya!

Jangan terlalu fokus pada subjek

Kesalahan fotografer pemula lainnya dalam memotret ialah terlalu fokus pada subjek. Kamu bisa memperhatikan hal lain disekitar subjek sehingga foto yang kamu hasilkan bisa lebih berwarna dan bermakna.

Memotong foto

Mungkin kamu sering menemukan foto yang sebetulnya menarik dari sisi subjek dan komposisi. Namun, ada saja bagian yang terkesan terpotong. Ini memang menjadi kesalahan banyak fotografer pada umumnya. Masih ada fotografer yang tidak sengaja memotong bagian dalam sebuah foto. Misalnya, kala memotret orang, sebaiknya selalu pastikan kamu memotret dari atas hingga bawah termasuk kaki. Dengan memasukan seluruh bagian, foto akan terasa lebih lengkap dan memenuhi frame.

Baca juga :   Komposisi Foto Masih Jelek? Pahami Dulu Aturan Mainnya

Kamera mahal bukan segalanya

Sebagian fotografer pemula masih beranggapan harga kamera yang mahal mampu menghasilkan foto yang bagus. Ingat ini adalah anggapan yang kurang tepat. Karena foto yang bagus itu dihasilkan dari kamera yang bagus, momen yang tepat, serta kemampuan sang fotografer dalam memotret. Kebanyakan fotografer yang sudah andal menghasilkan foto bagus tidak berpatokan pada kamera, namun berpatokan pada komposisi dan momen. Jadi teruslah berlatih.

Kesalahan mencari background

Salah satu kesalahan fotografer pemula ialah salah menempatkan subjek dan salah menggunakan background. Terkadang kamu memotret asal jepret dan ketika dilihat hasilnya ada sesuatu dibalik subjek tentu ini akan mengganggu. Maka selalu perhatikan baik-baik komposisi saat memotret.

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00