Shopping Cart

11 Tips Terbaik Mengambil Fotografi Underwater yang Mengagumkan

Setiap orang pastinya menyukai laut dengan berbagai keindahan keanekaragaman hayati bawah lautnya. Saya rasa, Anda juga begitu ‘kan? Lalu, apakah Anda pernah mencoba mengambil foto bawah laut menggunakan kamera underwater?

PU UTAMA

Jangan salah, Underwater Fotografi atau yang bahasa Indonesia-nya beken dengan istilah fotografi bawah laut ini sudah menjadi sebuah aliran baru dalam dunia fotografi. Secara umum, Fotografi Underwater ini bisa diartikan proses pengambilan foto yang dilakukan di dalam air (laut, kolam renang, sungai, dll). Dan peminatnya, jangan tanya lagi! Bahkan, Fotografi Underwater ini telah mendunia.

Underwater Photographer of the Year 2016

Baru-baru ini saja (tepatnya di Bulan Maret 2016), Underwater Photographer of The Year (UPY) 2016 yang digelar setiap tahun di Inggris dan diikuti oleh ribuan peserta di seluruh dunia telah mengumumkan hasil pemenangnya.

Berikut adalah beberapa pemenang UPY 2016 yang berhasil membingkai keindahan bawah laut melalui sebuah foto:

‘Gold’ by Davide Lopresti (Italy)

Baca juga :   Kenapa Frame Rate atau FPS Itu Sangat Penting

PU 1
Catshark Supernova’ by Dan Bolt (UK)

PU3
‘Three Pillars – Practice, Patience & Luck!’ by Pier Mane (South Africa)

PU 2
‘Underwater fisherman ‘ by Mike Korostelev (Russia)

PU 5

‘Mangrove sunset’ by Fabio Galbiati (Italy)

PU 6

‘Lagoon’ by Greg Lecoeur (France)

PU 7

‘What Feeds Beneath’ by Alejandro Prieto (Mexico)

PU 8

Jujur, saya pribadi terperangah melihat berbagai foto permenang UPY 2016 di atas. Berbagai keindahan bawah laut mampu diabadikan menjadi sebuah foto dengan karya seni tinggi. Anda pun pastinya juga sependapat bukan?

Sabar…! Saya yakin Anda juga ingin dengan segera mencoba Fotografi Underwater ini. Untuk itu, Anda harus memerhatikan beberapa hal berikut. Karena, Underwater Fotografi bukan hanya soal jepret gambar ikan, melainkan ada teknik dan persiapan khusus yang harus Anda ketahui!

1.) Pelajari Teknik Diving

Anda tak berpikir untuk langsung menceburkan diri ke laut dan menjepret setiap objek yang ada disana ‘kan? Itu mah nekat namanya :D

Baca juga :   4 Ringlight Favorit MUA dan Vlogger

Belajar Diving

Sebelum hal itu Anda lakukan, apakah Anda telah menguasai teknik menyelam dengan benar? Jika belum, maka dibutuhkan latihan agar Anda terbiasa dengan itu. Karena, saat menyelam Anda akan membawa beberapa peralatan menyelam dan kamera Anda.

5 comments

  1. Minta tolong info ….utk photo underwater klo pake flash yg baik warna apa …..pan klo udah dalam Air menyerap pantulan cahaya dari warna merah, orange, dan kuning. Inilah sebabnya mengapa foto bawah air yang anda miliki akan terlihat biru jika anda tidak menggunakan flash atau strobe tambahan (eksternal strobe). Semakin dalam anda menyelam, semakin banyak warna yang akan terserap……minta info flash yg baik warna……jenis nya led/smd…..ane pake Xiao mi yi action+ lensa wide bisa pasang di case waterproof nya apa tdk

  2. Patriot Widodo

    untuk masalah warna diatasi dengan filter kak. Biasanya ada red filter kalau untuk underwater. Untuk Lampu untuk underwater memang belum banyak kak, karena menyerap itu tadi, warna udah nggak seberapa penting diutamakan power lampunya aja. Prefer LED sih kak

  3. Izin, untuk menjadi reffrensi ( sumber info), bagi tulisan saya.
    Terima kasih.

  4. ijin bertanya, apakah ada tips & trick yang dapat digunakan untuk mendapatkan kualitas foto UW yang bagus meskipun diambil di perairan dengan visibilitas yang kurang baik/buruk?
    terima kasih :)

  5. Patriot Widodo

    Kalau misalnya perairan yang visibilitasnya kurang biasanya karena warna air atau warna lingkungan yang bikin air agak keruh atau berbeda warna. Solusinya bisa pakai red filter atau filter-filter lain yang untuk underwater kak, sehingga warna air kembali ke clear atau biru…

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00