Shopping Cart

10 Kesalahan Menerbangkan Drone dan Cara Menghindarinya

Banyak yang mengatakan bahwa melakukan kesalahan adalah guru terbaik untuk belajar. Namun itu tidak bisa diberlakukan untuk drone. Sekali anda melakukan kesalahan, bisa runyam drone anda.

Jadi sebaiknya pelajari dulu apa saja yang harus dilakukan dan dihindari sebelum anda mulai menerbangkan drone pertama.

Apa saja kesalahan yang kerap terjadi dan bagaimana menghindarinya?

 

1. Belajar menerbangkan pertama kali pakai drone mahal 

Tidak ada salahnya membeli drone mahal jika memang memiliki dana yang cukup. Namun jika masih level beginner, apalagi baru pertama kali nyemplung dunia drone, langsung memakai DJI Phantom 4 bukan keputusan bijak. Karena anda pasti merasa sayang jika nantinya jatuh atau cedera selama latihan.

Jika pertama kali mencoba belilah drone kecil dan paling penting anda tidak khawatir atau sayang jika jatuh nantinya. Karena dapat dipastikan anda bakal mengalami drone jatuh atau nabrak beberapa kali sebelum mahir menerbangkannya.

Alasan penting lainnya adalah karena drone murah tidak memiliki mode terbang otomatis.

Lho, kok itu malah dianggap nilai plus?

Baca juga :   Kapan Harus Menggunakan Lensa Wide (Waktu Foto Portrait)?

Jika anda membeli DJI Mavic Pro maka tinggal tekan tombol maka drone terbang dan mendarat dengan mudahnya. Namun itu akan membuat anda jadi “manja”. Dengan mempelajari menerbangkan manual drone murah maka anda “dipaksa” bisa mengatasi jika drone mahal anda mengalami kegagalan sistem otomatisnya. Jangan terlalu mengandalkan teknologi instan jika ingin mahir.

 

2. Pastikan perangkat drone terpasang kuat dan komplit

Meski terkesan sepele tapi anda harus cek dan ricek sebelum menerbangkan drone. Tidak sedikit kasus karena sekrup kurang kencang akhirnya copot saat penerbangan dan bisa berakibat fatal. Bukan hanya drone jatuh tapi fatalnya orang lain bisa terkena juga.

Selain itu, disarankan juga mengganti baling-balingnya setiap 50 kali penerbangan. Sepasang baling-baling jangan dipakai lebih dari 100 kali penerbangan. Jika dipakai kurang dari 50 kali pun, juga tetap harus diganti jika usianya sudah satu tahun.

 

3. Menerbangkan dalam kondisi lingkungan buruk

  • Jangan memaksakan diri untuk menerbangkan drone ketika kondisi sedang angin kencang atau hujan maupun berkabut. Bersabarlah menunggu cuaca cerah daripada drone anda terbawa angin.
  • Terbangkanlah drone di ruang terbuka. Pilihlah halaman belakang rumah atau lapangan terbuka dan lapangan parkir yang luas. Bangunan tinggi dan struktur besi akan mempengaruhi akurasi kompas di drone maupun sistem GPS-nya.
  • Sebelum memulai perhatikan dengan seksama di mana letak bangunan, pohon, tiang dan kabel listrik serta area dengan elektromagnetik tinggi. Perhatikan juga lalu lalang agar tidak ada orang yang kejatuhan drone.
  • Hindari juga area dekat Wi-Fi dan sinyal radio, tower BTS, medan magnet kuat serta listrik tegangan tinggi agar drone tidak kehilangan sinyal.
  • Jangan menerbangkan drone di atas danau atau area perairan, meski itu terkesan ide yang bagus, jika anda belum berpengalaman. Pasalnya, drone gak waterproof
  • Jika anda menerbangkan di area ada bangunan maka pastikan settingan RTH Altitude lebih tinggi dari bagunan tertinggi di sana. Pastikan juga baterainya cukup untuk penerbangan agar tidak jatuh di tengah perjalanan.
Baca juga :   7 Langkah Photographer menjadi Videographer

 

6 comments

  1. Aries Apriadi

    Apa drone terbaik untuk pemula? Berapa harganya? Trims.

  2. halo kak Aries, sebaiknya coba DJI Spark ya kak..

  3. kalo salah tekan pada menu sign in, utk keluar dari menu ini bgm ya…kembali ke tampilan awal pada saat remote baru nyala?

  4. Patriot Widodo

    ada logo back kok kak di sisi atas :)

  5. haloo gan, ane pemula nih baru beli drone DJI mavic pro dan besoknya ane coba langsung di pantai nah untuk spesifikasinya harusnya jarak tempuh bisa sampai 4 KM tapi pas ane coba hanya bisa di 400 meter?? da yang tau gan amsalahnya apa??

  6. Patriot Widodo

    beginner modenya udah dinonaktifkan kak?

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00