Shopping Cart

10 Cara Terbaik Pasang Kamera ke Tripod Agar Tak Merusak Kamera

Tripod merupakan aksesoris wajib bagi para fotografer. Aksesoris kaki tiga ini membuat kamera bisa ditempatkan lebih stabil kala kamu memotret. Menggunakan tripod juga membuat hasil foto semakin jelas meski dikondisi kurang cahaya sekalipun.

Dipasaran sendiri sudah cukup banyak dijual tripod dengan berbagai merk dan model. Walaupun demikian, cara pasang kamera di tripod tetaplah sama. Bila kamu masih bingung memasang kamera pada tripod, berikut ini kami sajikan beberapa cara terbaik pasang kamera ke tripod.

Cek kameramu, adakah tempat untuk memasang tripod

Hampir kebanyakan kamera modern saat ini hadir dengan tripod mount pada bagian bawah bodi. Namun, untuk beberapa kamera DSLR lama ataupun kamera pocket tidak memiliki bagian ini. Tripod Mount merupakan sebuah lubang kecil tempat untuk memasukkan semacam baut pada tripod. Biasanya lubang ini berukuran diameter ¼ inci. Bila kamera milikimu tidak memiliki tripod mount, kamu bisa menggunakan adapter khusus yang dijual dipasaran.

Baca juga :   Beda Mirrorless Harga Di Bawah & Di Atas 10 Juta ?

Lepaskan piringan kamera di tripod

Piringan kamera biasanya menjadi bagian untuk menempatkan kamera ke tripod. Bagian ini bisa kamu gunakan ataupun tidak. Karena, pada dasarnya, tanpa piringan kamera untuk menahan kamera, kamera yang terpasang di tripod sudah cukup stabil. Dengan dilepasnya piringan ini, kamu bisa memasang kamera ke tripod dengan lebih mudah. Bila kamu tetap menggunakan piringan ini, kamu harus memastikan piringan tidak goyang dan memiliki ukuran lubang yang sama.

Atur kaki tripod

Setelah memastikan kamera bisa dipasang di tripod. Kamu bisa mulai meletakkan tripod dan mengatur ketinggian kaki-kaki tripod. Atur ketinggian sesuai kebutuhanmu. Cara pasang kamera di tripod bisa kamu lakukan terlebih dahulu sebelum kamu mengatur kaki-kaki tripod. Namun, saran dari kami, sebaiknya, pasang kamera setelah posisi tripod pas dan sesuai. Hal ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan misalnya tripod yang tiba-tiba jatuh.

Baca juga :   Yuk mainan Steel-Wool Photography

Pasang Kamera tripod dengan cara diputar

Cara pasang kamera di tripod sebetulnya cukup mudah. Kamu hanya perlu memutar kamera di baut yang ada di tripod. Putar hingga kamera benar-benar terkunci sempurna. Bila kamera DSLRmu memiliki mount tripod yang sama, tentu hal ini akan cukup mudah. Ingat hati-hati, jangan sampai terlalu keras memutar kamera dan merusak kamera atau tripodmu.

One comment

  1. Jika kamu melepas piringan kamera untuk memudahkan memasang kamera ke tripod. Kamu juga jangan lupa untuk memasang kembali piringan kamera ke tempatnya.

Leave a Reply
Chat

Klik Tombol di bawah ini
untuk Chat

Jam Operasional 09:00 - 18:00